Susunan Acara Pernikahan Dari Akad Sampai Resepsi

Pernikahan merupan momen sakral yang dapat membahagiakan bagi kedua pasangan. Agar momen ini berjalan dengan baik dan lancar maka perlu adanya susunan acara pernikahan. Ketika Anda ingin melangsungkan acara pernikahan maka akad serta resepsi pernikahan harus dilakukan secara berurutan.

Pernikahan bisa dilangsungkan baik di rumah ataupun gedung pernikahan. Penyusunan acara ini berguna untuk mengorganisir serta meminimalisir kesalahan saat berlangsungnya acara. Setelah penyusunan acara sudah selesai dipersiapkan, nantinya susunan acara ini akan diserahkan kepada MC (Master of Ceremony).

Anda juga bisa memakai jasa dan menyerahkan semua urusan kepada WO (Wedding Organizer) dalam urusan penyusunan acara pernikahan. Namun, tidak ada salahnya dari pihak keluarga melakukan perencanaan acara pernikahan sendiri tanpa bantuan dari pihak lain. Sebab, selain pihak keluarga dapat menentukan sendiri serta dapat memperkecil pengeluaran dalam biaya pernikahan.

Daftar Isi

Berikut Susunan Acara Akad Pernikahan

Ketika akad nikah berjalan dengan lancar, tentu hal ini akan memberikan banyak kenangan indah bagi kedua pengantin. Selain itu penyusunan acara pernikahan secara sistematis dan terjadwal dapat membuat para tamu undangan tidak merasa kebingungan.

Ketika menyusun acara akad nikah, sebaiknya harus menentukan terlebih dahulu orang-orang yang akan ditunjuk untuk mengisinya. Seperti siapa yang akan menjadi pembawa acara, siapa yang akan memberikan khutbah nikah serta siapa yang akan memberikan nasihat pernikahan.

Pembukaan

Saat calon pengantin pria dan wanita serta keluarga dan kerabat dan tamu sudah berada di tempat. Maka acara sudah siap untuk dimulai. Acara pertama dibuka oleh pembawa acara lalu kemudian akan diserahkan kepada pihak keluarga untuk memberikan sambutan.

Kedua pihak keluarga baik pria maupun wanita harus memberikan sambutan. Ketika pihak dari keluarga pria sudah memberikan sambutan. Maka diwajibkan pihak keluarga dari calon pengantin wanita harus memberikan sambutan balasan kepada pihak pengantin pria.

Khutbah Nikah

Khutbah dalam pernikahan merupakan rangkaian acara akad nikah yang tidak boleh terlewatkan. Biasanya khutbah disampaikan langsung oleh petugas dari KUA (Kantor Urusan Agama) maupun penghulu. Hal ini bertujuan agar kedua mempelai diharapkan bisa menjaga kerukunan serta keharmonisan dalam membangun sebuah rumah tangga.

Karena pentingnya keharmonisan sebuah rumah tangga, apalagi bagi calon pengantin yang ingin memulai hidup baru. Maka khutbah dalam pernikahan merupakan hal yang wajib serta harus ada dalam daftar acara akad pernikahan.

Ijab Kabul

Ijab kabul merupakan syarat sah dalam pernikahan, setelah semua pihak sudah siap serta syarat dan rukun nikah sudah terpenuhi. Maka ijab kabul dapat dilaksanakan yang nanti akan dipimpin oleh penghulu yang nanti kemudian akan diteruskan oleh mempelai pria.

Ijab kabul merupakan momen yang dimana wali nikah mempelai wanita akan menyerahkan tanggung jawab sepenuhnya kepada calon mempelai laki-laki. Calon mempelai pria harus menjadi imam serta harus memikul tanggung jawab dalam membangun serta membina rumah tangga.

Doa Nikah

Setelah proses ijab kabul dan penghulu menyatakan sah dihadapkan para saksi, maka hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah membaca doa. Biasanya, dalam pembacaan doa dibacakan oleh pemuka agama yang telah diundang oleh kedua keluarga dari mempelai pria maupun wanita. Dengan diadakannya pembacaan doa nikah ini, diharapkan ketika pasangan sudah berumah tangga agar mendapatkan kemudahan serta perlindungan dari Tuhan yang Maha Esa.

Penerimaan Mahar dan Sungkem

Pemberian mahar dan sungkeman merupakan hal yang harus ada dalam susunan acara pernikahan. Mahar atau mas kawin adalah harta yang diberikan oleh pihak mempelai laki-laki kepada mempelai wanita pada saat pernikahan. Mesikipun tidak ada sumber resmi yang menyebutkan secara jelas mengenai pemberian mahar. Budaya ini dipercaya sudah ada sejak zaman purbakala seiring dengan berkembangnya peradaban manusia.

Setelah pemberian mahar selesai, maka harus dilaksanakan sungkeman atau tanda bakti dan hormat yang dilakukan oleh kedua mempelai. Hal ini dilakukan sebagai tanda bakti serta rasa terima kasih atas bimbingan orang tua dari lahir hingga dewasa dan sampai ke perkawinan.

Penutupan

Pemberian mahar dan sungkeman adalah proses terakhir dari akad pernikahan. Dalam susunan acara pernikahan, setelah pemberian mahar maka harus melakukan penutupan prosesi akad pernikahan. Acara penutupan ditutup dengan pembacaan doa dan sesi foto bersama bagi kedua mempelai, keluarga serta kerabat.

Berikut Susunan Acara Resepsi Pernikahan

Setelah akad pernikahan selesai, biasanya dalam susunan acara pernikahan, resepsi pernikahan dilakukan begitu setelah akad nikah selesai setelah satu atau dua jam. Susunan acara resepsi pernikahan pun beragam karena memiliki makna dan ciri khas tersendiri.

Sambutan

Pembawa acara akan memandu resepsi setelah kedua pengantin dan orang tua baik dari pihak laki-laki maupun perempuan duduk di pelaminan. Saat resepsi dilakukan, ada acara sambutan yang akan disampaikan oleh perwakilan dari kedua keluarga.

Hidangan

Setelah sambutan dari pihak orang tua dari kedua pengantin, maka para tamu dipersilahkan untuk menikmati hidangan yang sudah dipersiapkan. Biasanya, para tamu yang diundang dalam menikmati hidangan akan mendapatkan hiburan seperti acara musik maupun acara tarian tradisional.

Foto Bersama

Karena momen pernikahan adalah momen paling penting bagi kedua mempelai baik pria maupun wanita. Maka dalam susunan acara pernikahan hal yang tidak boleh dilewatkan adalah foto bersama. Acara ini merupakan acara yang paling lama sebab para tamu undangan baik teman maupun sahabat akan memberikan ucapan selamat dan foto bersama pengantin hingga selesai.

Penutup

Setelah akad pernikahan dan resepsi pernikahan selesai, maka susunan acara pernikahan sudah selesai dilakukan. Pembawa acara akan melakukan proses penutupan serta mengucapkan selamat kepada pengantin pria dan wanita karena pernikahan sudah berjalan baik dan lancar. Serta tidak lupa untuk memberikan ucapan terima kasih kepada para tamu yang di undang karena sudah menyempatkan hadir di acara pernikahan.

Pada saat penyusunan acara pernikahan, undangan pernikahan adalah hal yang wajib dipersiapkan, di Seremoni Anda juga bisa membuat undangan pernikahan secara online dengan sangat mudah dengan tampilan yang simple dan elegan, sudah tersedia banyak pilihan template yang bisa langsung Anda gunakan dan tentunya gratis.

Itulah contoh susunan acara pernikahan mulai dari akad nikah hingga resepsi pernikahan yang bisa dijadikan sebagai referensi baik bagi pihak keluarga maupun pihak wedding organizer. Semoga apa yang kami bagikan disini bisa bermanfaat bagi para pembaca.

Leave a Comment