Aktivitas Menyenangkan yang Bisa Dilakukan Keluarga Sanguinis

Keluarga sanguinis adalah tipe keluarga yang umumnya berisi anggota dengan karakteristik sangat ekspresif. Orang-orang dalam keluarga ini juga senang bercanda dan melakukan hal-hal yang menyenangkan menurut tiap-tiapnya. Selain itu, sifat keluarga ini cenderung mudah bosan jika melakukan satu kegiatan secara terus-menerus. 

Karena sifat-sifat tersebut, Anda mungkin perlu inspirasi aktivitas yang menarik untuk dilakukan bersama dengan keluarga tipe sanguinis. Sebagai informasi, di bawah ini terdapat beberapa kegiatan menyenangkan yang bagus dilakukan bersama dengan semua anggota keluarga. Khususnya, untuk keluarga dengan sifat dominan sanguinis.

Daftar Isi

Mengenal Kepribadian Sanguinis

Sebelum membahas aktivitas apa saja yang cocok dilakukan oleh keluarga tipe sanguinis, mari mengenal sifatnya terlebih dulu. Untuk diketahui, sanguinis adalah karakter manusia yang memiliki karakteristik jauh lebih mudah bersosialisasi dengan orang lain dibandingkan sifat lainnya. Meski begitu, di balik sifat tadi yang bisa dikatakan positif, beberapa sanguinis bisa memiliki sifat sombong.

Dari itu, bisa disimpulkan bahwa sifat sanguinis punya beberapa kelebihan dan juga kekurangan. Adapun kelebihan sanguinis di antaranya, mampu melakukan banyak hal dengan baik, tingkat percaya diri tinggi, dan penuh semangat. Selain itu, orang-orang dengan sifat ini umumnya memiliki skill public speaking yang baik serta mudah memaafkan.

Untuk kekurangannya, sanguinis bisa dikatakan ceroboh dibandingkan sifat lainnya. Biasanya, ini disebabkan ambisinya yang terlalu tinggi pada banyak hal sehingga kerap tergesa-gesa dalam melakukan sesuatu. Kekurangan lainnya, sanguinis senang menjadi pusat perhatian, emosi labil, serta kerap melebih-lebihkan ucapannya dengan maksud agar dipercaya. 

6 Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan Keluarga Sanguinis

Mengingat adanya sifat-sifat tadi, orang dengan sifat sanguinis perlu ditumbuhkan minat pada aktivitas-aktivitas positif. Sehingga, risiko tumbuhnya sifat yang jadi kekurangannya dapat diminimalisir sejak awal. Untuk diketahui, berikut ini adalah beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan keluarga dengan sifat dominan sanguinis.

1. Traveling Santai

Keluarga sanguinis memiliki anggota dengan sifat yang cenderung suka melakukan aktivitas baru setiap harinya. Oleh karena itu, ketika hari libur, orang-orang dengan sifat ini pasti lebih memilih melakukan aktivitas menarik di luar rumah. Sebagai rekomendasi, Anda bisa mengajak keluarga untuk liburan ke tempat-tempat yang sebelumnya belum pernah dikunjungi. 

Supaya lebih menarik, Anda juga bisa membeli jajanan unik yang terdapat di tempat liburan. Selain itu, jika Anda berlibur ke tempat yang menyuguhkan atraksi, tidak ada salahnya mencoba atraksi-atraksi tersebut agar liburan terasa lebih berkesan. Sifat sanguinis yang cenderung bersemangat untuk setiap hal baru membuatnya punya sikap lebih berani mencoba itu.

2. Liburan ala Petualang

Punya sifat petualang, orang-orang dengan sifat sanguinis akan sangat senang jika berlibur ke tempat-tempat yang menantang. Untuk keluarga sanguinis yang memiliki anak kecil, weekend sangat cocok diisi dengan liburan ke kebun binatang. Selain mengisi waktu luang, aktivitas seru ini juga bisa jadi ajang untuk menambah pengetahuan anak yang ingin serba tahu. 

Selain ke kebun binatang, aktivitas bertualang yang bagus dilakukan keluarga tipe sanguinis adalah berkemah. Sifat sanguinis yang biasanya lebih mementingkan diri sendiri perlu diimbangi dengan sifat empati. Caranya bisa dengan aktivitas berkemah di ruang terbuka yang melibatkan keluarga dan juga orang asing.   

Untuk keluarga dengan anggota yang sudah remaja hingga dewasa, liburan ala petualang bisa dilakukan dengan aktivitas-aktivitas menantang. Contohnya adalah berlibur di wisata rafting atau arung jeram, wisata paralayang, atau mendaki gunung. Aktivitas-aktivitas ini akan memberikan pengalaman liburan yang lebih memuaskan untuk orang-orang dengan karakter sanguinis.

3. Olahraga Bersama di Tempat Berbeda

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang penting dilakukan setiap hari. Namun, rutinitas ini bisa jadi terasa membosankan menurut orang-orang dengan kepribadian sanguinis. Untuk mengatasi masalah itu, aktivitas olahraga sebaiknya dilakukan di tempat-tempat berbeda. Jadi, jika seminggu yang lalu Anda dan keluarga berolahraga di Taman A, minggu depan bisa di Taman B.

Selain dengan cara itu, membeli beberapa alat olahraga baru juga bisa jadi alternatif agar aktivitas ini tidak terasa membosankan. Adapun beberapa alat olahraga yang bisa dibeli untuk mendukung olahraga di rumah maupun di luar di antaranya, tali skipping dan sepeda. Selain itu, Anda juga bisa membeli raket badminton, bola, dan lain-lain.

4. Mengikuti atau Mengadakan Lomba Berhadiah

Keluarga sanguinis memiliki anggota dengan sifat suka tantangan. Selain dalam hal liburan, aktivitas kecil yang menantang seperti halnya perlombaan juga disenangi orang dengan karakter ini. Oleh karena itu, sesekali Anda bisa mengajak keluarga untuk mengikuti perlombaan. Baik lomba-lomba yang diadakan di sekitar maupun berbasis media online.

Selain mengikuti kegiatan lomba, Anda juga bisa mengadakan aktivitas sederhana ini di rumah. Misalnya, lomba pengetahuan umum, menggambar, dan lain sebagainya. Namun, perlu diketahui bahwa jika Anda merencanakan aktivitas ini, pastikan untuk menyediakan hadiah tertentu. Sebab, sanguinis tergolong orang membutuhkan pengakuan untuk tiap-tiap pencapaiannya.

5. Bermain Peran

Bermain peran menjadi aktivitas yang bisa dirasa sangat menyenangkan oleh anggota keluarga sanguinis. Hal ini dikarenakan, aktivitas ini membuat orang-orang yang terlibat dapat menikmati karakter yang berbeda-beda. Bahkan, karakter yang tidak ada di dirinya. Sifat sanguinis yang mudah bosan jadi teratasi dengan aktivitas ini.

Untuk aktivitas bermain peran yang lebih menyenangkan, Anda bisa membuat skenarionya terlebih dulu. Kemudian, Anda juga bisa merekam aktivitas bermain peran dan membagikannya ke media sosial. Sifat sanguinis yang cenderung suka menghibur tentu tidak akan masalah ketika aktivitasnya direkam. 

6. Membuat Konten Hiburan

Mengingat sanguinis senang diperhatikan orang lain, aktivitas menarik yang bisa dilakukan keluarga tipe ini adalah membuat konten hiburan. Jika  aktivitas bermain peran bisa direkam ataupun tidak, kegiatan ini tentu perlu direkam dan disebarkan. Adapun konten hiburan untuk keluarga ini bisa bermacam-macam.

Satu di antaranya adalah konten story telling. Baik itu menceritakan pengalaman, membaca curhatan orang lain di sebuah forum, atau menceritakan kisah-kisah lainnya. Mulai dari dongeng nusantara, dongeng mancanegara, dan kisah-kisah pejuang agamamaupun pejuang negara. Untuk diketahui, konten ini sangat pas dengan karakter sanguinis yang suka berbicara.

Selain konten tadi, bakat menghibur yang ada di keluarga sanguinis juga bisa disalurkan dengan membuat konten komedi. Contohnya, membuat konten prank di keluargayang masih dalam batas wajar. Sifat sebagian besar orang sanguinis yang tidak mudah tersinggung dan pemaaf menjadikan aktivitas ini bagus dilakukan. Selain bisa menghibur, aktivitas ini juga bisa menantang sanguinis, ‘kan? 

Baca Juga: Keluarga Koleris: Para Pekerja Keras yang Ber-quality Time dengan Ngambis

Menjadi Keluarga Sanguinis yang Harmonis

Pada dasarnya, sifat-sifat manusia tidak ada yang benar-benar sama. Jadi, meskipun termasuk dalam satu keluarga sanguinis dengan sifat dominan sanguinis, beberapa di antaranya bisa jadi punya sifat lain. Misalnya, ada yang cenderung mudah tersinggung, tidak suka didebat, pun ada orang-orang sanguinis yang cenderung tidak peduli dengan perhatian orang. 

Hal ini dikarenakan, meski kepribadian itu tidak bisa diubah sebab merupakan bawaan sejak lahir, orang bisa memiliki sifat lainnya berkat didikan. Oleh karena itu, jika saat ini Anda memiliki keluarga dengan sifat dominan sanguinis, pastikan untuk menumbuhkan sifat positif lainnya. Ini dimaksudkan agar anggota keluarga punya lebih banyak karakter positif dibandingkan negatifnya.  

Untuk menumbuhkan karakter positif, aktivitas-aktivitas di atas bisa dilakukan. Sementara itu, jika membutuhkan template undangan pernikahan online, Anda bisa mengunjungi Seremoni. Layanan ini menawarkan pembuatan undangan dengan berbagai desain terbaik. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan undangan pernikahan digital dan undangan pernikahan online dari layanan ini dengan beberapa kartu lainnya. 

Leave a Comment