Keluarga Koleris: Pekerja Keras yang Ber-quality Time dengan Ngambis

Keluarga Koleris adalah suatu kelompok dengan hubungan persaudaraan sedarah yang mewariskan atau diwariskan dan memiliki tipe kepribadian dengan jiwa kompetisi serta kepemimpinan yang tinggi. Biasanya orang-orang dengan karakter koleris ini memiliki karakter yang cenderung pekerja keras karena memiliki daya juang serta rasa ambisi akan sesuatu yang menggebu-gebu. 

Daftar Isi

Berkenalan dengan Keluarga Koleris

Karakter dari seseorang yang memiliki tipe kepribadian koleris sendiri jarang merasakan tingkat kebosanan yang lama. Hal tersebut dikarenakan karakter koleris biasa memiliki plan dan target yang kuat dalam mencapai tujuan. Karakter tegasnya juga didukung oleh bagaimana pola berpikir mereka yang sangat simple dan memiliki daya tanggap yang baik dalam hal darurat sekalipun. 

Keluarga koleris sendiri biasanya dapat Anda temukan ketika memperhatikan sekumpulan orang yang dapat memperkaya diri-sendiri tanpa bergantung pada satu sama lain. Biasanya tipe keluarga koleris cenderung kaya raya dan memiliki tingkat kesibukan masing-masing. Apalagi bagi karakter koleris, sebuah tantangan merupakan hal yang menyenangkan untuk dieksplor. 

Tipe kepribadian koleris dalam sebuah keluarga membuat daya saing antar satu rumah menjadi ketat. Pengaruh dari karakter tidak mau mengalah dan haus akan target yang ingin dicapai, membuat koleris terbiasa hidup dalam sikap mandiri. Hubungan satu keluarga yang memiliki karakter ini akan jauh lebih terlihat serius dan menegangkan daripada apa yang terlihat. 

Bagaimana Menciptakan Keluarga dengan Karakter Koleris yang Harmonis?

Karakter koleris sendiri juga dikenal sebagai seseorang dengan tipe kepribadian untuk seorang pemimpin yang memiliki tingkat komunikasi yang baik. Hal tersebut disebabkan karakter koleris yang cenderung memiliki pemikiran unik, serta dengan sikap taktis visionernya yang dapat memberikan jawaban yang tepat dan berdasarkan fakta. Sehingga mampu membuat lawan bertekuk lutut. 

Ditambah dengan bagaimana karakter koleris yang selalu mengedepankan dan menjunjung tinggi rasionalitas beserta fakta. Serta membuat seseorang dengan tipe kepribadian ini lebih suka bersikap apa adanya. Jika melihat bagaimana seseorang dengan karakter ini memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Jangan heran, karena orang koleris selalu memiliki pemikiran optimis dan berani. Inilah cara quality time ala koleris.

1. Saling Membangun Kepercayaan Antar Anggota Keluarga

Hal utama yang harus Anda lakukan ketika memiliki seluruh anggota keluarga dengan karakter kepribadian koleris adalah memberikan arahan untuk membangun sebuah kepercayaan antar anggota keluarga. Cara ini dinilai efektif karena dengan membangun suatu kepercayaan. Relasi yang ada di dalam keluarga tersebut jauh lebih kuat dan terikat. 

Ditambah dengan kepribadian keluarga koleris yang cenderung memikirkan fakta dan rasionalitas. Dengan membangun sebuah kepercayaan yang baik, hubungan persaudaraan dalam karakter koleris akan jauh lebih harmonis dan dapat lebih saling terbuka satu sama lain, sehingga suasana dalam rumah juga terlihat lebih tenang dan tidak tegang. 

2. Membuat Forum Diskusi Dalam Penanganan Masalah

Tips yang kedua untuk membangun keluarga dengan karakter koleris yang harmonis adalah membangun suatu forum diskusi keluarga. Yup, cara yang satu ini memiliki sisi positif setelah membangun kepercayaan. Karena dengan membuka sebuah forum diskusi terbuka antar-anggota keluarga, penyelesaian masalah akan dapat ditangani dengan lebih baik. 

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Mengingat bagaimana karakter dominan dari kepribadian koleris, maka sudah sepatutnya dalam forum diskusi diberikan atau ditunjuk satu orang sebagai penengah dalam pengambilan keputusan. Hal ini diperlukan untuk meredamkan suasana dan meminimalisir rasa ingin menang yang bergejolak. 

3. Membuat Perencanaan Bisnis Bersama

Selanjutnya untuk membangun sebuah keluarga harmonis dengan karakter kepribadian koleris bisa dilakukan dengan membuat suatu plan atau perencanaan bisnis bersama. Hal ini bisa meliputi dengan membangun suatu bisnis bersama anggota keluarga lainnya. Cara yang satu ini sangat efektif untuk meningkatkan keharmonisan. 

Karakter koleris yang pekerja keras dan tidak suka membuang-buang waktu membuat orang dengan kepribadian tersebut tidak suka dalam memberikan hal-hal yang tidak penting. Membangun perencanaan bisnis bisa menjadi alternatif yang tepat karena dengan hal tersebut, keluarga koleris dapat menyalurkan rasa ambisius bersama. 

4. Membuat Aturan Kedisiplinan Dalam Tatanan Keluarga

Cara ke empat yang dapat Anda lakukan untuk menciptakan keluarga yang harmonis dalam karakter koleris adalah dengan membuat aturan yang fleksibel dan baik dalam tatanan keluarga. Bagaimana caranya? Anda cukup mendiskusikan bersama para anggota keluarga dalam forum diskusi dan membuat suatu kesepakatan atas peraturan yang ada di rumah. 

Setelah mendapatkan kesepakatan yang cocok dan tepat, hal tersebut bisa dipertegas dengan membuat konsekuensinya juga apabila ada salah satu anggota keluarga yang melanggar. Hal ini bertujuan untuk menekankan rasa empati tiap anggota keluarga yang ada di rumah dan rasa gengsi yang tinggi terhadap karakter kepribadian koleris. 

5. Mengadakan Pertemuan Untuk Mendiskusikan Ide Baru

Tempat untuk mendiskusikan gagasan dan mengeksplorasi ide baru dari anggota keluarga yang kritis. 

Hal terakhir yang dapat Anda coba ketika akan membentuk suatu relasi yang baik dan harmonis dalam keluarga koleris adalah dengan langkah terakhir ini. Cobalah untuk mengadakan pertemuan setiap minggu bersama seluruh anggota keluarga dalam suatu ruangan. Disana Anda dapat mendiskusikan hal-hal atau gagasan baru yang dikemukakan. 

Anda dapat memulainya dengan mencoba untuk menentukan hari yang tepat terlebih dahulu untuk mengadakan pertemuan dalam satu minggu. Minta seluruh anggota keluarga untuk mengemukakan pendapat, dan penentuan dipilih berdasarkan hasil suara terbanyak. Dengan begini, waktu yang Anda habiskan bersama keluarga akan jauh lebih berkualitas. 

Baca: 6 Tips Menghabiskan Waktu Berkualitas dengan Keluarga Melankolis

Tips Mengontrol Karakter Koleris yang Mendominasi

Setelah mengetahui bagaimana karakter kepribadian koleris, dan bagaimana caranya menciptakan sebuah keluarga koleris yang harmonis, kini Anda masuk ke tips untuk mengontrol karakter koleris yang mendominasi pada diri Anda. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencoba untuk bersikap lapang dada dan menerima setiap pendapat. Ini hal paling mendasar yang perlu dilakukan karakter koleris. 

Seperti yang Anda ketahui bahwa karakter koleris cenderung tidak dapat menerima kritik dan selalu menganggap diri benar, melihat bagaimana perkembangan negatif dari kepribadian tersebut. Sudah seharusnya kontrol diri menjadi sesuatu yang tepat untuk dilakukan. Ini juga berlaku dengan bagaimana ketika karakter koleris tidak dapat menahan emosinya dalam menghadapi suatu masalah karena rasa ambisinya yang tinggi. 

Selanjutnya adalah dengan memberikan ruang bagi diri sendiri dan coba untuk bersikap lebih fleksibel. Seseorang yang memiliki karakter koleris cenderung hidup dengan tujuan dan rasa haus akan keingintahuan yang tinggi sehingga tidak dapat menikmati hidup dengan sempurna. Dengan memberikan ruang untuk bersikap lebih fleksibel dapat memberikan suatu ketenangan tersendiri bagi diri Anda. 

Terakhir adalah dengan memilih pasangan yang tepat. Mungkin ini terdengar tidak masuk akal, namun ini bisa menjadi suatu tips yang ampuh. Yaitu mencari pasangan dengan tipe kepribadian yang cocok dengan koleris. Adapun tipe kepribadian yang paling cocok adalah karakter plegmatis. Plegmatis sendiri merupakan karakter kepribadian yang cenderung penyabar dan penuh kasih sayang. 

Lalu bagi Anda yang sudah menemukan pasangan yang tepat dan ingin melanjutkan ke jenjang pernikahan. Seremoni hadir untuk online dengan berbagai macam template undangan pernikahan online dan undangan pernikahan digital yang dapat disesuaikan dengan konsep pernikahan Anda. Menariknya, hal tersebut dapat Anda gunakan dan dapat Anda desain sendiri secara gratis. 

Leave a Comment