6 Tips Menghabiskan Waktu Berkualitas dengan Keluarga Melankolis

Keluarga melankolis merupakan tipe keluarga yang biasanya terdiri dari orang-orang dengan ikatan batin cukup kuat. Ini ditunjukkan dengan adanya bahasa non-verbal yang dapat dimengerti tiap-tiap anggota keluarga. Contohnya, suami dan istri hingga anak-anaknya. Oleh karena itu, orang-orang dalam keluarga ini biasanya tidak suka banyak bicara dan lebih sering bertindak dalam berbagai hal.

Secara umum, keluarga tipe ini cukup jarang menghabiskan waktu bersama karena kesibukan masing-masing. Meski begitu, sifat serupa yang dimiliki tiap anggota membuat keluarga ini dapat mengerti satu sama lain. Karena kebiasaan tersebut, umumnya keluarga ini akan membuat jadwal yang sangat terencana jika akan liburan bersama.

Namun sayangnya, sisi emosional melankolis biasanya terganggu jika sewaktu-waktu rencana yang sudah dibuat jadwalnya tidak terealisasi. Misalnya saja, ayah yang menjanjikan liburan merasa sangat bersalah karena hal tersebut. Jika Anda memiliki problem keluarga seperti ini, di mana jadwal yang terencana selalu sulit terealisasi, pastikan untuk tidak membiarkan hal itu terus-menerus terjadi.

Sebab, meskipun Anda dan anggota keluarga lainnya paham dengan situasi tadi, ayah yang merasa bersalah bisa terus-terusan memikirkan kesalahannya. Sebagai solusi untuk itu, di bawah ini terdapat informasi seputar tips menghabiskan waktu ala keluarga melankolis yang patut dicoba. Dengan tips di artikel ini, kebiasaan liburan yang tak jadi karena kesibukan dapat diminimalisir risikonya.

Daftar Isi

Mengenal Kepribadian Keluarga Melankolis

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai tips menghabiskan waktu agar lebih berkualitas bersama keluarga tipe melankolis, Anda sebaiknya mengenal sifat-sifatnya dulu. Secara umum, karakter orang melankolis mempunyai beberapa sifat yang menjadi kelebihannya. Selain itu, ada juga sifat-sifat yang menjadi kekurangannya.

Adapun beberapa sifat tersebut telah dibahas sebelumnya. Di antaranya, mudah berempati atau memahami kondisi orang lain, menunjukkan rasa sayang dengan perbuatan, hingga bersikap loyal. Kemudian, orang-orang melankolis juga cenderung kreatif, mandiri, dan tidak asal mengambil kesimpulan sebelum menganalisisnya. Inilah kelebihan-kelebihan karakter melankolis.

Sementara itu, kekurangan karakter melankolis di antaranya, sifatnya cenderung perfeksionis dan sangat mudah cemas. Sifat lainnya, orang dengan tipe ini juga memiliki mood swing dan tidak mengatakan penyebabnya. Karena sifat-sifat ini, orang melankolis biasanya tumbuh menjadi introvert, tidak suka keramaian dan lebih senang jika sendirian.

Akibat sifat-sifat tadi, keluarga yang diisi anggota dengan sifat dominan melankolis sebaiknya merencanakan kegiatan-kegiatan positif untuk dilakukan bersama-sama. Hal ini dimaksudkan agar tiap-tiap anggota terhindar dari penyakit mental yang mungkin disebabkan karena sifat yang menjadi kekurangannya.

Tips Menghabiskan Waktu Berkualitas dengan Keluarga Melankolis

Pada dasarnya, orang-orang dengan sifat melankolis bisa dengan mudah merasa senang meskipun hanya melakukan kegiatan sederhana. Jadi, jika Anda kerap memiliki masalah ketika merencanakan liburan bersama keluarga, tidak ada salahnya mengganti kegiatan tersebut dengan hal-hal sederhana. Contohnya seperti kegiatan-kegiatan di bawah ini.

1. Isi Liburan di Rumah Saja dengan Permainan

Liburan di rumah saja adalah salah satu pilihan terbaik bagi keluarga melankolis. Terutama, jika salah satu atau beberapa anggotanya punya waktu sibuk setiap hari bahkan di tanggal merah sekalipun. Untuk diketahui, pilihan ini sangat bagus dikarenakan sifatnya yang tidak terikat oleh waktu. Sehingga, Anda tidak butuh perencanaan yang benar-benar matang untuk liburan di rumah.

Jadi, ketika semua anggota keluarga ada di rumah, Anda bisa mencoba kegiatan-kegiatan menyenangkan untuk mengisi waktu tersebut. Dibandingkan membiarkan tiap-tiap anggota sibuk dengan kegiatan masing-masing, Anda bisa mengajak semuanya untuk berkumpul di ruang keluarga. Kemudian, mencoba mengisi waktu dengan membuat permainan seru.

Jika butuh referensi, permainan tebak gambar, tebak kata, tebak istilah-istilah tertentu, serta permainan tebak-tebakan lainnya bagus dimainkan bersama. Jika Anda memiliki sejumlah alat bermain, seperti kartu dan monopoli, permainan tersebut juga bagus dilakukan bersama keluarga. Selain itu, Anda juga bisa memainkan game tic tac toe, truth or dare, dan lain-lain.

2. Habiskan Waktu dengan Memasak

Aktivitas lain yang menyenangkan dilakukan bersama keluarga melankolis adalah memasak bersama. Jika semua anggota setuju untuk aktivitas memasak yang lebih seru, Anda juga bisa mengajak keluarga untuk lomba memasak. Sifat orang-orang melankolis yang cenderung kreatif tentu bakal sangat senang membuat masakan ala dirinya.

3. Membuat Lukisan dengan Keluarga

Sifat kreatif dan imajinatif yang dimiliki orang-orang berkepribadian melankolis membuatnya pasti dengan senang hati diajak melukis. Terlebih, jika kegiatan ini dilakukan bersama dengan semua anggota keluarga. Supaya suasana aktivitas ini terasa lebih menyenangkan, Anda bisa mengajak anggota keluarga untuk melukis di tempat terbuka. Misalnya, di taman depan rumah.

Untuk diketahui, orang-orang dengan sifat melankolis umumnya tidak mudah bosan dengan satu kegiatan. Jadi, jika ada cukup banyak waktu yang bisa dihabiskan bersama dengan kegiatan melukis, Anda bisa melakukannya dengan cara lain. Contohnya, alih-alih menggambar di kertas, melukis akan terasa lebih seru jika kanvasnya adalah dinding rumah.

Sebagai saran, Anda bisa mengajak anggota keluarga untuk mengecat dinding dengan dekorasi tertentu. Contohnya, di dinding kamar anak kecil, Anda bisa membuat lukisan pemandangan alam. Sementara itu, di dinding kamar anak yang sudah remaja, dekorasi yang bisa dibuat adalah motif garis hingga bentuk geometris.

4. Belajar Bermusik

Kegiatan positif lain yang tidak kalah seru dilakukan dengan keluarga melankolis adalah belajar bermusik. Untuk diketahui, kegiatan ini tidak hanya bisa dilakukan jika ada alat musiknya. Akan tetapi, Anda juga bisa menciptakan irama dari benda-benda lainnya. Seperti gelas, sendok, dan sejumlah barang lain yang terdapat di rumah.

Jika bingung, Anda dapat mencari referensi musik tanpa alat di internet, misalnya di YouTube. Alternatif lain selain menggunakan barang di rumah adalah memakai alat musik digital yang dapat diunduh melalui ponsel. Dengan alat musik ini, Anda bisa menciptakan alunan musik yang indah, lalu bernyanyi bersama dengan keluarga.

Apabila di rumah terdapat beberapa alat musik, hal ini tentu bakal lebih menyenangkan lagi. Pasalnya, alunan musik yang indah akan terdengar lebih jelas dan menenangkan. Untuk kesan lebih seru, Anda bisa mengkoordinir semua anggota agar mendapatkan posisinya masing-masing. Misalnya, ada yang memainkan gitar, piano, hingga yang berperan sebagai vokalis.

5. Mengunjungi Tempat Makan Terdekat yang Belum Pernah Didatangi

Sebagaimana sempat disinggung sebelumnya, orang-orang melankolis cenderung mudah senang diajak kegiatan apa pun. Bahkan, hal-hal yang sifatnya sederhana. Contohnya, makan bersama di tempat terdekat yang belum pernah dikunjungi. Istilahnya, jika diajak makan di warung makan pinggir jalan sekalipun, orang melankolis akan tetap merasa senang.

Supaya kegiatan ini terasa lebih bermakna, Anda bisa menunjukkan sifat-sifat melankolis dalam kegiatan ini. Misalnya, saling menyuapi makanan dan mencicipi pesanan tiap anggota keluarga. Tips ini memang sederhana. Namun, untuk orang-orang dengan sifat melankolis, maknanya bisa terasa sangat besar.

Baca Juga: Kata Mutiara Keluarga, Sederhana Tapi Memberikan Makna Mendalam

6. Berbagi Amal Bersama 

Orang-orang melankolis punya sifat loyal yang tinggi. Hatinya yang sensitif juga mudah peka dengan kondisi di sekitarnya. Oleh karena itu, keluarga dengan anggota yang memiliki sifat ini pasti lebih mudah diajak dalam kegiatan berbagi. Untuk diketahui, berbagi tidak perlu dengan hal-hal besar. Yang terpenting bisa bermanfaat bagi orang lain. Contohnya, memberi makanan pada warga jalanan.

Selain bagus untuk menumbuhkan sifat loyal ke arah yang positif, kegiatan ini juga memiliki sejumlah manfaat lainnya. Di antaranya, meningkatkan minat bersosialisasi sehingga orang melankolis tidak takut dengan dunia luar meskipun introvert dan mengurangi rasa cemas. Selain itu, berbagi juga dapat menumbuhkan rasa syukur atas apa yang dimiliki saat ini.

Sebagai informasi, keluarga melankolis merupakan salah satu tipe kepribadian orang-orang yang memiliki risiko tinggi terkena penyakit mental. Pasalnya, sifatnya cenderung perfeksionis dan mudah cemas, apalagi jika melakukan kesalahan tertentu. Untuk meminimalisir risiko ini, kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan bersama keluarga seperti dibahas di atas sangat bagus dilakukan.

Jika Anda merupakan orang dari keluarga tipe melankolis yang akan menikah dalam waktu dekat dan belum memiliki konsep kartu undangan, sebaiknya hubungi segera Seremoni. Pasalnya, sifat perfeksionis Anda dan keluarga yang mungkin menginginkan undangan pernikahan dengan tampilan sempurna bisa dipenuhi oleh vendor ini.

Sebagai informasi tambahan, Seremoni adalah vendor undangan pernikahan online yang memiliki banyak template menarik dengan banyak konsep. Mulai dari modern, klasik, motif simpel, elegan, dan masih banyak lagi. Di vendor ini, Anda juga bisa memesan undangan pernikahan digital yang bisa dibuat dalam waktu sangat singkat. Bagaimana, menarik sekali bukan?

Leave a Comment