Ternyata, Punya Keluarga Besar dengan Pasangan Itu Seru Lho!

Ketika suatu pasangan sudah memutuskan untuk menjalin hubungan yang lebih jauh, bertemu dengan keluarga besar pasangan adalah kunci utama. Sebab, restu dan bagaimana kelanjutan hubungan memang berada di tangan keluarga. Oleh sebab itu, menjaga dan bersikap baik dalam hubungan keluarga pasangan sangat penting untuk dijaga.

Daftar Isi

Sikap Seharusnya Terhadap Keluarga Besar Mertua

Di dalam hubungan suatu pernikahan, memang bukan hanya menikahi pasangan saja. Akan tetapi Anda juga akan memiliki hubungan yang lebih jauh dengan keluarganya. Terlebih lagi, tidak jarang pula ditemukan adanya keluarga pasangan yang merasa memiliki hak dalam ikut campur urusan di dalam rumah tangga.

Misalnya saja mengenai bagaimana cara mengasuh anak, bagaimana pendidikan yang akan dijalani dan masih banyak lagi yang lainnya. Oleh sebab itu, menjaga hubungan baik dengan keluarga besar pasangan adalah kunci dalam berlangsungnya hubungan rumah tangga. Komunikasi dan pertemuan juga penting dilakukan agar terhindar dari misscom antara mertua dengan menantu.

Bahkan, agar hubungan dengan keluarga pasangan menjadi lebih erat dapat pula merencanakan berlibur bersama ke suatu tempat. Hal ini memang menjadi solusi yang paling ampuh untuk menjaga hubungan. Misalnya saja rutin melakukan makan bersama di restoran, berlibur ke area wisata, bepergian ke luar kota dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tips Memperkenalkan Pasangan yang Tepat

Memperkenalkan pasangan kepada keluarga besar pertama kali memang menjadi momen yang dapat dikatakan cukup berat. Namun, bagi sebagian orang hal ini menjadi sangat seru dan cukup menyenangkan. Apabila hubungan Anda dengan pasangan sudah mulai menuju ke dalam jenjang serius, simak tips di bawah ini agar tidak salah langkah untuk memperkenalkannya.

1. Memilih Momen yang Tepat untuk Mempertemukan

Salah satu hal yang harus diperhatikan baik-baik yaitu mengenai momen atau waktu yang pas untuk memperkenalkan. Pastikan apabila calon pasangan dan keluarga besar sudah saling siap dan yakin untuk bertemu. Alangkah baiknya apabila Anda telah merencanakan adanya pertemuan tersebut antara keluarga dengan calon pasangan.

Akan menjadi sangat tepat pula apabila memilih waktu ketika sedang ada kegiatan atau acara di rumah. Waktu tersebut memang terbilang tepat karena sekaligus pasangan Anda dapat berbaur dan saling membantu kesibukan di rumah. Biasanya, cara ini menjadi tips bonding yang tepat antara orang tua dengan pasangan.

Selain itu, perhatikan pula mood orang tua. Pastinya ketika berada dalam kondisi mood yang baik, orangtua akan menjadi lebih hangat untuk menyambut pasangan Anda. Terlebih lagi untuk sekedar mengobrol juga akan menjadi lebih nyaman untuk satu sama lain karena berada dalam suasana hati yang tepat.

2. Menjadi Penghubung yang Baik terhadap Pasangan

Pada dasarnya, pertemuan keluarga dengan pasangan menjadi momen yang cukup krusial. Hal ini menjadi salah satu penentu apakah hubungan yang dijalankan tersebut dapat lanjut atau bahkan berhenti pada saat itu. Momen bertemunya pasangan dengan keluarga ini juga dikatakan sebagai kesempatan baik karena bertujuan untuk lebih mengenal lebih dekat.

Apabila sebelumnya masih belum pernah bertemu sama sekali, alangkah baiknya apabila Anda menceritakan sedikit terlebih dahulu calon pasangan. Begitu juga sebaliknya, Anda dapat menceritakan kepada pasangan bagaimana karakter orang tua dan kebiasaan yang ada di dalam keluarga.

3. Membawa Buah Tangan

Sebenarnya, membawa buah tangan menjadi hal yang cukup wajar ketika seseorang hendak bertamu. Terlebih lagi yang akan ditemui adalah keluarga besar Anda. Inisiatif ini tentu saja menjadi nilai tambah dari pasangan di mata kedua orang tua maupun keluarga. Oleh sebab itu, usahakan untuk membawa sesuatu untuk diberikan kepada keluarga.

Misalnya saja membawa makanan kesukaan yang dapat membuatnya terkesan. Bahkan dapat pula membawa barang-barang cantik seperti oleh-oleh khas dari daerah asal pasangan. Cara ini memang terbilang sangat pas dan memberikan kesan tersendiri. Bisa juga pasangan menjadi disambut dengan hangat dalam keluarga.

4. Mengenakan Pakaian yang Tertutup

Untuk tips satu ini memang tidak kalah penting apabila hendak mempertemukan pasangan dengan keluarga. Sebab, penampilan adalah penilaian pertama yang akan dilihat oleh keluarga ketika bertamu. Tentu saja, Anda dan pasangan harus membuat kesan yang baik ketika berhadapan dengan kedua orangtua.

Alangkah baiknya apabila Anda memberi sedikit saran untuk membuat pasangan berpenampilan yang rapi dan sopan. Mulai dari pakaian, penampilan rambut, sandal dan lain sebagainya. Sikap berpenampilan rapi ini juga menjadi bentuk rasa hormat Anda dan pasangan ketika bertemu dengan orangtua.

5. Menjaga Sopan Santun

Dibalik tips yang telah disebutkan sebelumnya, ada pula poin yang jauh lebih penting yaitu menjaga sopan santun. Solusi untuk hal ini yaitu Anda dapat memberikan arahan atau himbauan agar pasangan tidak perlu merasa grogi dan tegang. Karena yang perlu dilakukan yaitu bersikap ramah dan natural seperti bertamu biasanya.

Meskipun tujuan utamanya ingin mendekatkan diri kepada keluarga besar, namun hindari sikap terlalu akrab pada saat pertemuan pertama. Sebab, tidak semua keluarga memiliki sifat yang sangat terbuka dengan siapa saja meskipun terhadap pasangan anaknya. Hal ini juga dapat membuat suasana menjadi canggung dan menimbulkan kesan yang tidak baik.

6. Berpikir Positif dan Tidak Perlu Terlalu Khawatir

Selain itu yakni tidak perlu terlalu khawatir akan berbagai hal yang terjadi ketika pasangan bertemu dengan orangtua. Tentu saja, cukup bersikap tenang dan selalu berpikir positif apabila semuanya akan baik-baik saja. penting sekali untuk menghilangkan kecanggungan dan terus mencoba untuk bersantai dan menikmati momen membahagiakan tersebut.

Baca Juga: Wujudkan Impian Menjadi Keluarga Cemara dengan Cara Ini

Beginilah Sikap yang Pas Ketika Bertemu Mertua Pertama Kali

Ketika pertama kali bertemu dengan calon mertua, hal yang perlu dipersiapkan yaitu topik obrolan sebanyak-banyaknya. Tidak ada salahnya apabila Anda sampai membuat daftar obrolan meskipun mungkin cara ini tidak terlalu diperlukan. Selain itu, dapat pula melakukan sedikit riset apa saja yang disukai dan tidak disukai oleh keluarga pasangan.

Perlu untuk diperhatikan pula untuk menghindari topik-topik obrolan yang menuju arah sensitif. Apabila Anda sudah mulai bingung akan topik obrolan, dapat pula mulai memuji pasangan di depan keluarga besar. Hindari pula mengeluh mengenai perilaku maupun sifat pasangan di depan keluarga atau calon mertua.

Memutuskan untuk menikah memang menjadi pilihan yang tepat agar terjauh dari hal-hal negatif dan merugikan. Apabila Anda sudah siap secara lahir batin untuk menikah, persiapkan pula berbagai macam printilan jauh-jauh hari. Misalnya saja dari segi kelengkapan undangan. Tenang saja karena Seremoni siap membantu Anda untuk menyediakan undangan pernikahan online.

Keberadaan undangan pernikahan digital memang menjadi solusi yang paling simpel di gempuran teknologi yang sangat maju seperti saat ini. Terlebih lagi banyak pula dampak positif seperti biaya yang lebih terjangkau, mudah untuk menyebarkannya dan masih banyak lagi. Seremoni juga menyediakan aneka macam template siap pakai untuk membantu Anda dalam membuat undangan.

Leave a Comment