Apakah Tujuan Dan Pengertian Pernikahan ?

Menghabiskan waktu bersama orang yang dicintai merupakan impian semua orang. Hidup bersama dengan orang yang dicintai bisa diwujudkan dengan cara menikah. Perlu diketahui bahwa menikah tidak hanya meliputi soal hubungan wanita dan pria yang sah secara hukum maupun agama. Namun menikah juga memiliki kaitan yang erat dengan kondisi jiwa manusia, kerohanian manusia dan nilai – nilai kemanusiaan. Maka dari itu kita harus memahami tujuan dan pengertian agar tidak salah arah. Berikut tujuan dan pengertian dari pernikahan antara lain :

Daftar Isi

Apa itu pengertian pernikahan?

Pernikahan merupakan acara yang dilaksanakan satu kali seumur hidup. Karena itulah kita harus menentukan pasangan yang tepat untuk diajak menikah. Perlu diketahui bahwa menikah dilakukan dengan  perjanjian suci yang akan diucapkan oleh mempelai pria dan juga wanita. Pada saat itu mereka akan diminta untuk mengikat janji suci yang menyatakan bahwa mereka sudah siap membangun rumah tangga bersama. Janji suci yang diucapkan akan dilakukan dalam bentuk ijab dan qabul.

1.    Bertujuan untuk mencegah perbuatan asusila

Perlu diketahui bahwa ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari pernikahan. Salah satunya adalah dapat mencegah perbuatan asusila. Orang yang sudah menikah berarti bahwa orang itu sudah menjaga kehormatan diri sendiri. Dengan begitu orang yang sudah menikah tidak memiliki kemampuan untuk melakukan tindakan – tindakan asusila. Terlebih lagi dengan menikah bisa membantu kita untuk menjaga pandangan dari hal – hal yang mengandung dosa. Sehingga kita bisa menjalankan ibadah dengan jauh lebih baik.

2.    Dapat menyempurnakan separuh agama

Pernikahan menjadi acara yang dilaksanakan selama satu kali seumur hidup. Karena itulah acara ini harus dijalankan dengan orang yang tepat. Perlu diketahui bahwa dengan melaksanakan upacara ijab Kabul membuat seseorang dapat menyempurnakan separuh agamanya. Di mana artinya menikah bisa menambahkan pahala bagi yang melaksanakannya. Menyempurnakan separuh agama diartikan sebagai menjaga kemaluan dan perutnya. Hal tersebut dikarenakan penyebab utama suatu agama seseorang rusak berasal dari kemaluan dan perutnya.

3.    Untuk mendapatkan keturunan

Seperti yang diketahui bahwa tujuan utama dari pernikahan adalah untuk mendapatkan keturunan. Tentunya setiap orang menginginkan keturunan. Hal tersebut dikarenakan dengan adanya keturunan hubungan rumah tangga menjadi jauh lebih bahagia dan harmonis. Terlebih lagi dengan adanya keturunan bisa mempererat hubungan dan meningkatkan rasa kasih sayang.

Tujuan Pernikahan

Setiap orang tentunya ingin menikah dengan pasangan yang dicintainya. Hal tersebut dikarenakan, menikah dapat memunculkan kebahagiaan bersama orang yang dicintai. Seperti yang diketahui bahwa pengertian pernikahan merupakan suatu acara, yang dilakukan dengan mengucapkan janji suci melalui ijab dan qabul. Ada beberapa tujuan utama dalam mendirikan wedding ceremony. Beberapa tujuan inilah yang membuat pasangan menjadi lebih mesra.

1.    Untuk membentuk keluarga yang bahagia

Menikah seharusnya dapat dirasakan oleh semua orang. Tentunya setiap orang ingin memiliki keluarga yang bahagia dan harmonis. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperoleh keluarga bahagia dan harmonis. Salah satu caranya adalah dengan menikah. Perlu diketahui bahwa membentuk keluarga bahagia dan harmonis menjadi tujuan utama dalam menyatukan keluarga. Hal tersebut dikarenakan menikah memiliki pengertian berupa hidup serta menua bersama hingga akhir hayat. Menikah juga membuat hati menjadi jauh lebih tenang. Hal tersebut dikarenakan munculnya rasa bahagia yang membuat kehidupan seseorang lebih tenang dan damai.

2.    Menguatkan ibadah serta iman seseorang

Ada banyak tujuan melakukan upacara ijab kabul. Salah satunya adalah untuk menguatkan ibadah serta iman seseorang. Seperti yang diketahui bahwa menikakh merupakan sesuatu yang mulia dalam semua agama. Hal tersebut dikarenakan ijab Kabul membuat ikatan suci yang bertujuan untuk menjaga kehormatan diri dan menjaga seseorang dari perbuatan zina.

3.    Memperoleh ketenangan

Menikah juga menjadi bagian dari hidup. Perlu diketahui bahwa memperoleh ketenangan merupakan salah satu tujuan dari hidup bersama. Mempersatukan pasangan menjadi salah satu aspek yang dianjurkan oleh semua orang karena dapat berdampak positif di masa depan. Setelah menikah, Anda akan cenderung merasakan perasaan yang tenang dan damai dalam hati. Hubungan asmara dapat terjalin erat jika kedua pasangan dapat saling menghargai dan mengasihi. Bagi yang ingin menjalankan acara pernikahan maka bagian terpenting yang harus diperhatikan adalah membuat undangan. Seremoni menyediakan berbagai macam undangan serta template yang bisa langsung digunakan serta dapat digunakan secara gratis.

Leave a Comment