Perbedaan Undangan Pernikahan Digital Dan Undangan Cetak

Saat ini banyak orang cenderung menggunakan undangan pernikahan digital dalam acara pernikahannya. Adanya kebiasaan ini telah menggeser surat pernikahan model lama. Yaitu surat pernikahan cetak konvensional. Seperti yang diketahui, bahwa istilah dari digital invitation sangat tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Meskipun begitu beberapa orang masih kebingungan mengenai perbedaan digital invitation dengan versi cetak.

Daftar Isi

Apa Itu Undangan Pernikahan Digital?

Di zaman sekarang digital invitation menjadi trend di masyarakat. Adanya surat digital ini sendiri merupakan sebuah surat resmi yang disebarkan melalui media digital atau internet. Surat resmi ini juga memiliki tampilan berupa desain grafis yang bisa dikirim dan diakses menggunakan HP, tablet, komputer dan laptop. Kini sudah cukup banyak website yang menawarkan pembuatan digital invitation secara gratis. Terlebih lagi desain yang disediakan oleh website online memiliki kesan cantik dan kekinian. Berikut perbedaan undangan pernikahan digital dan undangan cetak antara lain :

1.    Undangan versi digital tidak terbatas

Semakin modern zaman maka akan ada terobosan terbaru lainnya. Salah satu terobosan yang cukup menarik adalah media pesan digital. Undangan pernikahan digital banyak dipilih karena menyediakan beragam manfaat. Seperti yang diketahui bahwa konsep digital memiliki kemampuan berupa memudahkan kita untuk mendistribusikannya. Surat versi digital ini bisa dikirimkan kapan pun menggunakan bantuan sosial media. Berbeda dengan menggunakan bentuk cetak yang mengharuskan harus memakan waktu yang lama serta tenaga untuk mengirimkannya kepada orang yang dituju.

2.    Undangan versi digital lebih hemat biaya

Undangan pernikahan digital banyak dipilih karena menyediakan beragam manfaat. Tentunya banyak orang yang menggunakan versi digital karena lebih hemat biaya dalam pembuatannya. Hal tersebut dikarenakan digitalisasi hanya perlu memesan satu kali kemudian mengirimkannya ke semua tamu. Sedangkan jika menggunakan versi cetak, maka biaya yang digunakan sesuai dengan jumlah tamu tersebut. Dengan begitu biaya untuk mencetak akan menjadi bengkak.

Perbedaan Mencolok Antara Undangan Pernikahan Digital Dan Biasa

Pada zaman dahulu kebanyakan orang lebih sering menggunakan invitation pernikahan dalam bentuk cetakan atau yang bisa disebut sebagai surat konvensional. Namun semakin berkembangnya zaman, orang – orang mulai beralih menggunakan surat digital. Hal tersebut dikarenakan surat digital hanya memerlukan sedikit biaya dalam persebarannya. Meskipun begitu terdapat banyak perbedaan mencolok antara media pesan digital dan surat pernikahan konvensional. Tentunya perbedaan yang terlihat paling mencolok ada di bagian bentuk fisiknya.

Perbedaan bentuk undangan

Seperti yang diketahui sebelumnya bahwa perbedaan paling mencolok antara undangan pernikahan digital dan konvensional adalah bentuk fisiknya. Di zaman sekarang terdapat banyak media yang digunakan untuk membuat digital invitation. Medianya sendiri dinilai cukup bervariasi. Ada yang menggunakan bahan kertas, plastik bahkan hingga kayu akrilik. Berbeda dengan versi konvensional, surat digital tidak memiliki bentuk fisik empat dimensi. Melainkan disajikan kepada tamu dengan bentuk grafis dua dimensi yang ditemani oleh media digital atau elektronik. Meskipun begitu digital invitation justru terlihat menarik. Karena desain yang dibuat bisa ditentukan sesuai selera.

Perbedaan cara distribusi

Undangan pernikahan konvensional telah mewajibkan kita untuk menghantarkan ke satu tempat hingga ke tempat lainnya. Meskipun begitu kita masih bisa menggunakan jasa antar. Namun dalam proses pendistribusian bentuk surat konvensional akan menghabiskan banyak biaya. Di mana biaya tersebut harusnya dapat digunakan untuk pengeluarannya yang lain. Sedangkan versi digital hanya memerlukan internet untuk menyebarkannya. Karena menggunakan internet dan sosial media membuat digital invitation hanya memerlukan waktu singkat dalam penyebarannya.

Perbedaan perhitungan biaya

Biaya produksi dalam membuat surat pernikahan konvensional bisa dihitung dengan cara mengalikan harga dengan jumlah eksemplar yang akan dicetak. Artinya semakin banyak tamu yang diundang maka akan semakin banyak pula biaya yang akan dikeluarkan untuk mencetaknya. Sedangkan digital invitation hanya perlu mengeluarkan biaya satu kali. Dengan begitu versi digital bisa disebarkan ke semua tamu tanpa harus memedulikan jumlahnya.

Ada banyak hal yang harus disiapkan dalam pernikahan. Salah satunya adalah undangan. Bagi yang ingin menjalankan acara pernikahan maka bagian terpenting yang harus diperhatikan adalah membuat semua acara menjadi meriah. Seremoni menyediakan berbagai macam undangan serta template yang bisa langsung digunakan serta dapat digunakan secara gratis.

Leave a Comment