Tinggal di Rumah Keluarga Besar? Ini Tips Akur dengan Ipar

Berkumpul dengan keluarga baru saat menikah suatu hal yang perlu dibiasakan, tips akur dengan ipar bisa Anda pelajari. Karena akur dengan ipar bisa menjadikan rumah tangga Anda lebih menyenangkan. Menemukan kakak atau adik yang bisa dijadikan teman meskipun hanya sebatas ipar.

Daftar Isi

Pentingnya Akur dengan Ipar

Pentingnya berdamai dengan keadaan terlebih lagi jika Anda harus satu rumah dengan mertua dan ipar setelah menikah. Berkumpul dengan keluarga baru yang kadang kala belum mengerti akan sifat dan karakter. Disinilah pentingnya mengenal ipar agar terhindar dari perselisihan.

Suasana canggung selalu hadir disaat Anda berkumpul dengan ipar dari pasangan. Untuk menghilangkan hal tersebut Anda bisa mengakrabkan diri dengan ipar. Dimulai dengan menanyakan hal-hal sederhana, seperti sudah makan apa belum, mengajaknya mengobrol dan bercanda.

Harmonis tidak hanya tertuju untuk kedua pasangan saja, namun hubungan dengan ipar juga perlu dilakukan. Karena pasangan dari Anda pasti sangat dekat dengan adik atau kakaknya. Jika Anda bisa masuk ke dalam zona tersebut bisa dipastikan pernikahan Anda akan lebih harmonis.

Zona hubungan antara kakak beradik sangatlah sulit di tembus, jika Anda berhasil masuk dan menjadi bagian tersebut. Maka bisa dipastikan pasangan Anda lebih sayang. Jika hal ini terjadi impian pernikahan Anda bisa terwujud dan terealisasikan.

Bukan hanya istri atau suami saja yang akan bertambah sayang, jika akur dengan ipar. Mertua juga akan lebih memberi perhatian lebih terhadap Anda. Karena mampu beradaptasi dengan keluarga baru dengan karakter yang juga baru Anda ketahui.

Apabila Anda sulit melakukan hubungan baik dengan ipar, bisa untuk mempelajari tips akur dengan ipar. Karena memiliki hubungan baik dengan ipar mampu menangkal hal-hal negatif yang bisa merusak hubungan keluarga. Bahkan hal ini juga sangat dianjurkan oleh agama, memiliki hubungan baik bagi siapa pun termasuk ipar.

Lakukan Ini Sebagai Tips Akur dengan Ipar

Ipar merupakan keluarga dari pasangan yang memiliki hubungan darah yang sangat dekat. Anda wajib berdamai dengan pihak keluarga pasangan termasuk ipar. Hindari berkonflik dengan ipar agar tidak terjadi permusuhan dalam keluarga. Berikut tips akur dengan ipar yang bisa Anda terapkan:

1. Tidak Ikut Campur dan Jangan Sok Tahu

Anda sebagai anggota keluarga baru dan baru mengenal keluarga pasangan hendaklah mengetahui batasan. Di mana tidak mencampuri urusan ipar meskipun ada hubungannya dengan pasangan Anda. Karena ipar dengan pasangan Anda merupakan keluarga yang wajib menyelesaikan masalah tanpa campur tangan orang lain.

Tidak hanya Anda yang angkat tangan dalam masalah ipar, meskipun ada hubungannya dengan pasangan Anda. Ipar juga wajib mengerti batasannya, tidak ikut campur dalam urusan Anda. Ketegasan bisa diterapkan, sehingga masing-masing bisa mengatasi masalah dengan baik.

2. Batasan Perlu Dipahami

Dalam agama adab berhubungan baik perlu diterapkan kepada siapa saja, termasuk ipar. Namun ada batasan yang wajib diterapkan, seperti tidak masuk terlalu jauh dalam setiap urusan. Karena Anda maupun ipar memiliki cara sendiri untuk menyelesaikan suatu persoalan.

Dengan mengetahui batasan, Anda bisa terhindar dari fitnah meskipun dengan saudara ipar sendiri. Terlebih bagi ipar yang bukan mahram, karena jika terlalu dekat bisa menimbulkan fitnah yang dapat merusak hubungan keluarga. Alangkah baiknya jika batasan selalu dijaga dan dipatuhi.

3. Saling Menghargai

Tips akur dengan ipar selanjutnya yakni saling menghargai terlebih akan kehadirannya. Anda harus lebih peka akan kehadiran saudara ipar, dengan cara mengenal lebih dekat. Mengajak dan mengikuti sertakan dalam segala keputusan keluarga. Meminta pendapatnya juga sangat penting, agar ipar merasa dihargai.

Agar hubungan tidak kaku, hendaklah Anda lebih sering untuk bercengkerama. Meskipun dalam hal sederhana sekalipun, misalnya bertanya tentang makanan kesukaannya atau hobi yang sedang dijalani. Anda juga bisa mengajaknya dalam hal-hal yang menyenangkan seperti memancing, memasak ataupun sekedar berjalan-jalan.

4. Tidak Mengunggulkan Diri di Depan Ipar

Membanggakan kelebihan diri sendiri di hadapan keluarga pasangan terlebih ipar dapat menimbulkan rasa kurang suka akan Anda. Bersikap diam lebih baik, karena kelebihan dapat terlihat dengan sendirinya. Jika sudah terlihat tanpa membicarakannya dapat menimbulkan rasa kagum di hati keluarga dan saudara ipar.

Jika memang memiliki kelebihan dalam hal apapun lebih baik di sembunyikan, tunjukkan jika benar-benar dibutuhkan. Hal ini bisa meminimalisir terjadinya persaingan antara Anda dan saudara ipar. Tidak merasa terunggul dengan menjaga hati dan lisan.

5. Hidup Mandiri

Jika Anda kurang bisa mengontrol emosi saat berhadapan dengan keluarga pasangan, baiknya jika mulai keluar dari zona nyaman. Hidup mandiri dengan hanya satu atap dengan pasangan, entah kos, kontrak maupun membeli rumah sendiri. Zona nyaman saat berkumpul dengan keluarga bukan berarti nyaman pula dengan pasangan Anda.

Baca Juga: Lika-liku Pernikahan 5 Tahun Ketiga: Tak Ada Gading yang Tak Retak

Membina Hubungan Baik dengan Keluarga Baru

Berhubungan dengan keluarga baru pasangan, tidak luput dari konflik yang bisa berpengaruh terhadap keharmonisan rumah tangga Anda. Bahkan ada beberapa pasangan yang hampir berpisah akibat kurang siapnya mental menghadapi saudara ipar pasangan. Yakinkan diri Anda bahwa mampu beradaptasi dengan segala situasi.

Tidak hanya mental, Anda juga menyiapkan strategi dalam menghadapi saudara ipar. Tips akur dengan ipar juga bisa menjadi strategi dalam menjaga hubungan baik dengan adik maupun kakak ipar. Susun planing dengan matang agar Anda lebih siap menghadapi segala kondisi yang mungkin bisa saja terjadi.

Siapkan semuanya agar bisa berjalan dengan baik, seperti:

  • Pelajari sifat-sifat dari saudara ipar.
  • Ketahui makanan dan hobinya.
  • Berbicara dengan pembahasan kondisi saat ini.
  • Selalu ajak bercengkerama tentang suatu hal yang sedang menjadi buah bibir saat ini.
  • Stop berbicara jika situasi tidak kondusif.

Jalani semuanya sesuai arus tanpa menentangnya yang bisa membuat situasi tidak kondusif. Karena menjalani sesuai dengan fitrahnya, maka akan terjalin hubungan yang lebih erat lagi. Sehingga Anda akan merasa benar-benar dilingkungan keluarga kandung sendiri. Menjalani semuanya dengan baik dan tidak mementingkan ego akan lebih menyenangkan.

Mengawali kehidupan baru dengan menikah merupakan impian semua orang, menemukan pasangan yang tepat sehingga tercipta kehidupan yang lebih indah. Siapkan segalanya agar bisa berjalan sesuai rencana. Seperti menyiapkan undangan pernikahan online, undangan pernikahan digital. Jika merasa kesulitan dan bingung akan hal tersebut bisa mengunjungi web yang sudah dipercaya yaitu Seremoni.

Leave a Comment