Ternyata, Ini Cara Memilih Kado Pernikahan dan Rekomendasi yang Tepat

Kado pernikahan merupakan hadiah yang ditujukan untuk mempelai di momen sakral. Di momen yang spesial dan berharga, kado menjadi salah satu hal yang perlu dibawa untuk diserahkan kepada pengantin. Serta diterima sebagai tanda terimakasih telah diundang ke acara pernikahan tersebut. Kado pernikahan perlu dipertimbangkan agar bermanfaat untuk pengantin.

Daftar Isi

Cara Memilih Kado Pernikahan yang Benar

Kadang kala dalam menentukan pilihan kado untuk hari spesial teman, saudara maupun kerabat akan terasa bingung, barang atau hadiah apa yang diperlukan dan harus dipersiapkan untuk kedua mempelai agar kado berguna dan bermanfaat untuk pengantin baru. Berikut beberapa cara untuk menentukan jenis kado pernikahan apa yang dapat bermanfaat untuk pengantin.

1. Pilih Kado yang Tahan Lama dan Awet

Apabila Anda akan memberi kado pernikahan untuk teman dekat ataupun saudara terdekat maka disarankan untuk memberi kado yang dapat bertahan lama ataupun awet untuk digunakan dalam jangka yang panjang serta memiliki fungsionalitas yang tinggi. Selain itu, kado dengan jenis ini tidak akan habis sehingga menjadi sangat berkesan untuk pengantin.

2. Memberi Hadiah yang Terkesan Mewah

Ketika atasan ataupun teman kantor menikah, maka Anda dapat memilih hadiah yang memiliki kesan mewah dan juga bermanfaat. Hal ini dapat memberikan feedback positif dari atasan maupun teman kantor Anda dan juga memberikan impresi yang sangat baik kepada Anda. Pilihlah kado yang memiliki kesan mewah tetapi tetap berada dalam budget Anda.

3. Hindari Memberikan Kado yang Akan Habis Digunakan

Saat Anda akan memberikan hadiah kepada pengantin sebaiknya hindari memberikan kado yang habis pakai seperti makanan dan skincare. Makanan mudah mengalami basi dan terjadinya kerusakan apabila disimpan terlalu lama atau terkena paparan sinar matahari. Kemudian, skincare memiliki masa kadaluarsa sehingga riskan tidak terpakai atau tidak cocok.

4. Kado Couple dan Sepaket

Pilihan kado couple atau sepasang untuk suami dan istri juga merupakan kado yang paling direkomendasikan. Karena, selain desain dan pilihan jenis barang couple yang serasi dan beragam serta dapat digunakan oleh kedua mempelai. Selain itu, kado pernikahan couple juga dapat menghemat biaya karena seringkali sudah dijual dengan box pembungkus.

5. Memilih Jenis Hadiah yang Anti Mainstream

Anda dapat memilih kado pernikahan anti mainstream seperti logam mulia yang dapat bermanfaat untuk pasangan. Logam mulia dapat disimpan untuk menjadi salah satu instrumen atau barang investasi pasangan. Selain itu, Anda juga dapat memberikan hadiah custom sehingga memberikan kesan yang lebih personal kepada kedua mempelai.

6. Tidak perlu Memikirkan Soal Ukuran Hadiah

Ukuran besar dari kado pernikahan sering kali dianggap lebih istimewa dibanding dengan kadi yang memiliki ukuran kecil. Namun, Anda tidak perlu lagi memusingkan hal tersebut karena hal terpenting dari hadiah untuk pernikahan adalah nilai ataupun value serta manfaat dari barang yang diberikan untuk pengantin.

7. Sesuaikan dengan Budget

Hal ini perlu diingat agar Anda tidak memberikan hadiah yang diluar batas kemampuan Anda ataupun melebihi budget Anda. Pilihlah jenis kado yang bermanfaat dan sangat berguna untuk pengantin tanpa harus memberatkan diri Anda sendiri. Jangan terlena dengan kado yang memberikan kesan mewah tetap pertimbangkan budget untuk hadiah pernikahan tersebut.

Baca Juga: Kumpulan Dekorasi Pernikahan Sederhana Paling Berkesan

Rekomendasi Hadiah untuk Hari Pernikahan

Setelah beberapa jenis barang serta cara untuk memilih kado pernikahan yang memberikan manfaat serta masih dalam budget yang sesuai dengan Anda. Kali ini, terdapat beberapa rekomendasi hadiah yang dapat Anda berikan kepada teman, saudara maupun kerabat Anda. Kualitas barang serta fungsionalitas yang tinggi dapat memudahkan Anda untuk memilih kado untuk hari pernikahan.

1. Hadiah Peralatan Masak

Hadiah untuk pengantin baru yang sangat bermanfaat dan berguna salah satunya yakni peralatan masak. Peralatan masak memiliki sifat yang krusial dan sangat bermanfaat karena dapat digunakan sehari-hari. Selain fungsionalitas yang tinggi, peralatan masak juga tidak memiliki batas waktu atau tidak dapat habis sehingga dapat digunakan dalam waktu yang lama.

2. Kado Alat Rumah Tangga

Pengantin baru kerap kali memiliki rumah baru dan sering kali belum memiliki peralatan rumah tangga yang lengkap. Karena itu, Anda dapat memberikan hadiah berupa peralatan rumah tangga seperti vacuum cleaner, mesin cuci ataupun wadah penyimpanan makanan yang akan sangat berguna untuk perawatan dalam rumah tangga kedua mempelai.

3. Alat Elektronik Dapur

Selain peralatan masak, Anda juga dapat memberikan hadiah berupa elektronik yang dapat dimanfaatkan ketika memasak atau untuk menyajikan makanan. Anda dapat memilih barang elektronik seperti microwave, air fryer, rice cooker dan jenis barang elektronik lainnya. Namun, sebelum membeli ada baiknya Anda memperhatikan daya listrik pada alat elektronik dapur.

4. Mesin Kopi

Bagi Anda yang ingin memberikan kado pernikahan dengan kesan yang mewah, Anda dapat memberikan mesin kopi kepada pengantin baru. Mesin kopi sangat praktis digunakan untuk para penikmat kopi selain itu tampilannya juga cukup mewah. Hadiah mesin kopi sangat cocok diberikan kepada atasan Anda ketika menikah karena dapat memberikan impresi yang sangat baik.

5. Album dan Frame Foto

Setelah acara momen sakral yakni pernikahan selesai, maka foto pernikahan dan foto dengan tamu undangan dapat diabadikan dan disimpan pada album foto untuk menjadi kenangan bagi kedua mempelai. Album dan frame foto dapat menjadi salah satu hadiah yang memberi kesan sentimental serta dapat bernostalgia dalam acara pernikahan.

6. Peralatan Tidur

Contoh lainnya yang dapat Anda berikan untuk kado pernikahan yakni peralatan tidur seperti bed cover dan sprei yang sangat berguna untuk pasangan yang baru menikah. Karena baru menikah, pasangan baru akan menempati tempat tidur yang sama dan diperlukan beberapa kebutuhan peralatan tidur yang dapat menunjang kenyamanan pasangan ketika beristirahat.

7. Barang-barang Dekorasi

Pengantin baru biasanya menempati rumah baru, sehingga Anda dapat memberikan hiasan maupun dekorasi rumah guna menunjang rumah pengantin menjadi lebih berkesan. Anda dapat membeli dekorasi rumah sesuai dengan style pengantin ataupun warna kesukaan pengantin. Namun, Anda juga dapat membeli dekorasi yang bersifat general seperti pigura, lampu hias maupun tanaman hias.

8. Tiket Berlibur Untuk Honeymoon

Bila Anda memiliki budget lebih dan pasangan yang menikah adalah teman, saudara maupun kerabat yang sangat dekat dengan Anda, tiket untuk honeymoon dapat menjadi pilihan untuk kado pernikahan. Kado tiket berlibur akan sangat berkesan dan tidak terlupakan, Anda dapat memberikan tiket berupa staycation dalam kota maupun luar kota untuk membantu pengantin beristirahat.

Pilihan kado pernikahan dan beberapa cara untuk menentukan jenis kado yang akan diberikan kepada pengantin dapat Anda contoh dan sesuaikan dengan kebutuhan serta keinginan. Hadiah pernikahan lainnya yakni undangan pernikahan digital dan undangan pernikahan digital yang bisa Anda dapatkan di Seremoni yang menyediakan berbagai macam undangan serta template yang dapat langsung digunakan serta dapat digunakan secara gratis.

Leave a Comment