Perbedaan Undangan Pernikahan Digital dan Undangan Biasa

Undangan pernikahan digital belakangan ini banyak diminati oleh pasangan yang akan menggelar pesta pernikahan. Trend ini sedikit menggeser undangan model lama, yaitu undangan pernikahan dengan cetak konvensional. Istilah undangan digital atau undangan online sebenarnya sudah tidak asing di telinga kita.

Namun, banyak juga yang belum mengetahui perbedaan antara undangan digital dengan undangan cetak konvensional.

Daftar Isi

Apa Itu Undangan Pernikahan Digital?

Secara sederhana model undangan yang sedang menjadi trend dimasyarakat ini merupakan undangan yang disebar luaskan menggunakan media digital atau media internet. Tampilannya berupa hasil desain grafis yang dapat dikirim dan diakses menggunakan smartphone, personal komputer atau laptop. Undangan digital ini banyak ditawarkan oleh website undangan digital yang melayani pemesanan undangan digital secara online.

Salah satu website yang menerima pemesanan undangan digital pernikahan adalah Seremoni.id. Anda dapat menemukan berbagai macam desain undangan pernikahan digital yang kekinian dan keren. Undangan yang dibuat secara online ini juga akan didistribusikan melalui jejaring online pula, hal ini lah yang menjadi karakteristik kuat undangan digital atau undangan online.

Perbedaan Undangan Digital dan Biasa

Pada dasarnya perbedaan yang paling utama dari kedua jenis undangan ini adalah dari bentuknya. Namun, setidaknya ada beberapa hal yang menjadi pembeda diantara keduanya.

Bentuk Undangan

Undangan cetak konvensional tentunya memiliki bentuk fisik berupa undangan yang dituangkan ke dalam sebuah media. Media yang digunakan saat ini cukup bervariasi, ada yang menggunakan bahan kertas, bahan dasar plastik, kayu, akrilik dan lain-lain. Sedangkan undangan digital tidak memiliki bentuk fisik secara empat dimensi, melainkan disajikan dalam bentuk grafis dua dimensi menggunakan media digital atau media elektronik.

Namun meskipun demikian, undangan digital ini tetap menarik karena desain yang dibuat dapat disesuaikan dengan keinginan. Pasangan pengantin dapat memasukkan konten digital seperti foto dan video ke dalam undangan tersebut.

Cara Distribusi

Undangan cetak mengharuskan kita mengirim undangan dari satu tempat ke tempat yang lain secara manual, meskipun kita dapat menggunakan jasa pengiriman. Namun, dalam proses distribusi ini akan menghabiskan banyak biaya yang seharusnya dapat digunakan untuk post pengeluaran yang lain. Selain menghabiskan biaya, proses ini juga akan membutuhkan banyak waktu.

Pada undangan digital proses distribusinya hanya membutuhkan jaringan internet saja. Undangan pernikahan digital dapat disebar luaskan dalam waktu yang singkat dengan mengirimkan link undangan melalui berbagai sosial media.

Perhitungan Biaya

Biaya produksi undangan cetak konvensional dapat dihitung dengan mengalikan harga satuan undangan dengan jumlah eksemplar yang akan dicetak. Artinya semakin banyak tamu undangan, semakin banyak pula biaya yang dikeluarkan untuk mencetak undangan tersebut. Lain lagi dengan undangan digital, kita hanya perlu memesan dan membayar satu kali dan kemudian disebar luaskan ke semua tamu undangan tanpa memedulikan jumlah tamu undangan.

Tidak hanya itu, kini pembuatan undangan digital semakin murah bahkan tanpa biaya jika menggunakan website undangan pernikahan digital gratis.

Pembatasan Desain

Undangan cetak konvensional memiliki desain yang terbatas, karena bagaimana pun hasil cetakan undangan memiliki keterbatasan tampilan. Jika menggunakan undangan digital, kreasi dapat dikembangkan lebih luas apalagi kita dapat memasukkan foto sekaligus audio berupa lagu kesayangan yang romantis. Memilih undangan pernikahan digital atau konvensional di hari pernikahan Anda merupakan preferensi Anda secara pribadi. Meskipun banyak yang memakai undangan digital, banyak pula yang justru masih mempertahankan undangan cetak konvensional karena berbagai macam pertimbangan. Jadi, semua pilihan akan kembali kepada Anda.

Leave a Comment