Makin Ngehits! Ikuti Tata Cara Mengikuti Private Wedding yang Romantis

Private wedding adalah pernikahan yang diselenggarakan secara privasi dengan undangan yang terbatas atau dihadiri dengan orang terdekat dari pengantin. Konsep pernikahan private ini memberikan kesan pernikahan yang lebih sakral atau intimate, sehingga pengantin dapat berbaur tanpa batas dengan tamu undangan. Momen pernikahan juga akan terasa lebih dekat dan istimewa.

Mengundang teman dekat ataupun kerabat dekat dapat meningkatan kualitas dengan para tamu undangan. Selain itu, konsep pernikahan private wedding juga tidak hanya berada di pelaminan saja, tetapi pengantin dapat mingle atau menyapa para tamu secara langsung. Selain pengantin yang menyapa secara langsung, pengantin juga dapat bermain game Bersama tamu.

Daftar Isi

Kelebihan Private Wedding  

Setiap pengantin pasti memiliki impian pernikahannya tersendiri dan ingin merancang pernikahan sesuai dengan keinginan masing-masing serta disesuaikan kebutuhan setiap pengantin. Konsep pernikahan dengan private wedding saat ini semakin berkembang dan menjadi trend di kalangan anak muda. Karena pernikahan dengan tema intimate memiliki berbagai kelebihan tersendiri

1. Menghemat Biaya Pernikahan

Mengundang tamu secara terbatas dapat menghemat biaya pengeluaran pernikahan, Anda tidak perlu menyewa venue yang besar untuk memuat tamu undangan hingga ratusan bahkan ribuan orang. Sehingga, dapat memangkas pengeluaran biaya venue yang besar. Selain itu, biaya catering juga lebih hemat karena tamu undangan yang datang tidak terlalu banyak. Jadi, biaya pernikahan bisa dipakai untuk honeymoon romantis deh!

2. Konsep Pernikahan yang Unik

Anda dapat mengatur konsep pernikahan dengan semenarik dan seunik mungkin, karena private wedding berbeda dengan konsep pernikahan lainnya, Anda dapat menyelenggarakan pernikahan dengan konsep yang tidak biasa sesuai dengan keinginan Anda dan pasangan. Seperti konsep garden party ataupun beach party yang dapat diatur dengan lebih mudah.

3. Mudah Diatur dan Terkonsep

Karena tamu undangan yang lebih sedikit yakni teman dekat dan keluarga, pernikahan Anda akan lebih mudah diatur serta terkonsep sesuai dengan keinginan Anda. Selama proses perencanaan pernikahan akan terasa lebih mudah atau simple dibanding dengan konsep pernikahan biasanya. Sehingga, sangat cocok untuk pasangan milenial yang sibuk bekerja.

4. Pernikahan Akan Lebih Terasa Esensinya

Sedikitnya tamu undangan dan hanya dihadiri oleh orang terdekat tentunya akan memberikan pernikahan yang jauh lebih intim dan terasa esensinya. Private wedding memberikan pernikahan yang lebih mengedepankan kualitas dibanding dengan kuantitas serta akan terfokus kepada sakralnya pernikahan dibanding dengan permufakatan sosial.

5. Acara Lebih Minimalis

Dengan tema intimate, pernikahan lebih minimalis seperti makanan yang tidak terlalu melimpah ruah, venue yang lebih intim dan tidak terlalu besar serta dekorasi yang minimalis dan dibuat lebih sederhana dibanding dengan pernikahan biasanya. Anda juga dapat bermain Bersama tamu undangan tanpa sekat antara pengantin dan tamu.

6. Terasa Lebih Berkesan

Karena mengusung intimate dimana konsep pernikahan ini tidak memberi batasan antara pengantin dan tamu sehingga pernikahan akan jauh lebih berkesan. Acara pada private wedding seperti game, pembacaan sambutan dari teman terdekat serta kerabat terdekat yang dapat membawa suasana haru dan bahagia sehingga dapat memberi kesan tersendiri.

7. Pengantin Tidak Akan Merasa Stress

Intimate wedding dibuat sesederhana mungkin tetapi tetap menjunjung kehangatan selama acara berlangsung. Dengan kesederhanaan acara, pengantin tidak akan mudah mengalami stress ketika menyiapkan acara dan saat acara berlangsung. Karena tamu undangan yang tidak banyak dan mengusung konsep yang dapat memberikan kenangan yang istimewa.

Langkah Persiapan Private Wedding

Walaupun terkesan lebih simple dan tidak mengundang banyak orang, pernikahan secara private tetap saja perlu dipersiapkan sematang mungkin dengan memperhatikan beberapa langkah ketika persiapan pernikahan agar pernikahan berjalan dengan lancar dan sangat berkesan untuk pengantin dan seluruh tamu undangan. Berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk private wedding.

1. Informasikan Terlebih Dahulu Kepada Orang Tua

Tidak jarang orang tua menginginkan pernikahan yang mewah dengan mengundang tamu dengan jumlah yang banyak. Sehingga, Anda perlu memberikan informasi mengenai private wedding secara baik dan benar dan berikan alasan mengapa Anda memilih konsep pernikahan intimate. Beri informasi mengenai kelebihan pernikahan intimate dan libatkan keluarga dalam persiapan pernikahan Anda.

2. Rancang Konsep Pernikahan

Saat pernikahan akan diselenggarakan tak ayal teman maupun keluarga akan memberikan berbagai macam konsep dan saran kepada Anda. Sehingga, Anda perlu memikirkan konsep intimate dengan tema pernikahan seperti apa yang Anda dan pasangan inginkan, hal ini guna memudahkan Anda dalam merancang seluruh pernikahan serta pernikahan akan jauh lebih berkonsep dan terstruktur.

3. Buatlah Rencana Anggaran Pernikahan

Kelebihan dari private wedding salah satunya ialah menghemat biaya pernikahan, Anda perlu membuat rencana anggaran pernikahan agar tidak terjadinya over budget. Sehingga, buatlah list biaya mulai dari catering, dekorasi, venue, undangan pernikahan digitaldan yang lainnya. Apabila Anda merasa kesulitan konsultasikan kepada keluarga maupun vendor yang Anda pilih.

4. Cek Daftar Tamu Undangan

Tahap ini merupakan tahap yang cukup krusial, karena Anda harus memilih siapa saja yang Anda undang untuk menghadiri acara spesial Anda. Sehingga, Anda memerlukan pembuatan list atau daftar tamu undangan agar tidak ada yang terlewat ataupun tamu membludak dan konsep intimate tidak berjalan sesuai rencana Anda.

5. Atur Venue Pernikahan Disesuaikan

Karena tamu undangan yang tidak terlalu banyak, Anda harus memilih venue ataupun lokasi tempat pernikahan sebaik mungkin. Pilihlah venue yang tidak terlalu besar dan memberikan kesan hangat agar terasa lebih spesial. Selain itu, pertimbangkan harga beberapa venue dan sesuaikan venue dengan tema pernikahan apakah indoor ataupun outdoor yang dapat disesuaikan dengan keinginan Anda.

6. Perhitungkan Jumlah Makanan

Karena Anda akan menyajikan pernikahan yang intimate jangan melupakan perhitungan jumlah makanan yang akan disajikan ketika acara pernikahan berlangsung. Perhitungkan sebaik mungkin guna menghindari kekurangan makanan ketika acara pernikahan berlangsung, Anda dapat membuat list terlebih dahulu untuk menghitung jumlah makanan agar tidak kurang maupun kelebihan biaya.

Baca Juga: Mudah! Ini Alur Administrasi Pernikahan Sekaligus Cara Mengurusnya

7. Buat Undangan Pernikahan Secara Digital

Selain konsep yang simple, Anda dapat mengundang tamu melalui undangan pernikahan digital yang hanya perlu Anda share pada chat. Undangan pernikahan online dapat memudahkan Anda untuk membagikan undangan kepada teman Anda. undangan pernikahan digital pada Seremoni yang menyediakan berbagai macam undangan serta template yang bisa langsung digunakan serta dapat digunakan secara gratis.

Beberapa langkah tersebut dapat Anda contoh dan lakukan untuk menyiapkan private wedding agar pernikahan Anda memberi kesan tersendiri dan tidak terlupakan dari pengantin maupun tamu undangan. Persiapkan pernikahan sematang mungkin dan terkonsep agar pernikahan intimate Anda dapat berjalan sesuai dengan impian Anda dan pasangan Anda.

Leave a Comment