Jenis Undangan Pernikahan yang Bisa Dipilih untuk Hari Istimewa Anda

Undangan pernikahan merupakan alternatif terbaik untuk menginformasikan tanggal akad ataupun resepsi Anda dan pasangan pada khalayak. Khususnya keluarga jauh, kerabat, sahabat, dan teman-teman lainnya. Hal ini dikarenakan, penyampaian informasi pernikahan dengan alat ini dianggap lebih baik. Terutama di segi kesopanan dan sikap hormat.

Jika saat ini Anda sedang mencari inspirasi model atau desain undangan terbaik untuk pernikahan, sebaiknya ketahui jenis-jenisnya terlebih dahulu. Di artikel ini, Anda bisa menemukan informasi jenis undangan untuk pernikahan terbaik. Namun sebelum itu, pastikan juga untuk mengetahui informasi tips memilih jenis undangan di bawah ini agar Anda tidak salah pilih nantinya.

Daftar Isi

Tips Memilih Jenis Undangan untuk Pernikahan

Meski terkesan mudah, faktanya memilih jenis undangan untuk pernikahan cukup sulit dilakukan. Hal ini dikarenakan, undangan perlu dibuat dengan konsep yang disukai kedua mempelai bahkan hingga orang tua. Untuk mempermudah, sebaiknya tentukan tema pernikahannya dulu. Apakah akan dibuat dalam nuansa klasik dan kental budaya atau justru sebaliknya.

Hal lain yang perlu diperhatikan sebelum memilih jenis undangan pernikahan adalah estimasi budget. Bagian ini sangat penting untuk memudahkan Anda dalam menemukan jenis yang paling sesuai dengan kebutuhan. Seperti diketahui, rata-rata jasa pembuatan undangan menawarkan layanannya berdasarkan beberapa hal. Dua di antaranya adalah model dan harga undangan.

Jika Anda sudah menemukan estimasi budget yang bisa digunakan untuk pembuatan undangan, selanjutnya tinggal pilih vendor yang tepat. Adapun vendor tepat yang dimaksud di sini adalah jasa yang menawarkan layanan dengan jenis undangan sesuai harapan. Kemudian, kualitasnya bagus dan harganya tidak jauh lebih besar dari estimasi yang sudah ditetapkan.

5 Klasifikasi Jenis Undangan Pernikahan yang Harus Diketahui

Untuk diketahui, jenis undangan untuk pernikahan terbagi menjadi beberapa kategori. Di antaranya, ada jenis yang didasarkan pada material, motif, hingga nuansa klasik atau modern. Selain itu, ada juga model kartu undangan dengan bentuk-bentuk tertentu. Untuk informasi lebih jelas mengenai jenis-jenis undangan ini, simak ulasan di bawah ini.

1. Model Undangan Berdasarkan Materialnya

Secara umum, undangan pernikahan terbuat dari material kertas. Namun, perlu diketahui bahwa saat ini sudah tersedia juga undangan cetak dalam material lain. Contohnya adalah akrilik, kain, hingga kayu. Menariknya lagi, di tiap-tiap material tadi, ada banyak opsi jenis yang bisa dijadikan pilihan.

Sebagai contoh, di model undangan kertas, terdapat jenis art paper, karton, matte paper, kertas jasmine, hingga kertas ivory. Selain itu, ada juga kertas linen, concorde, serta sejumlah jenis kertas lainnya yang punya karakteristik unik dan menarik. Baik dari segi tampilan, warna, ukuran, hingga kualitasnya.

2. Jenis Undangan Berdasarkan Motifnya

Di kategori undangan berdasarkan motif, terdapat banyak jenis yang bisa dipilih. Di antaranya, ada motif floral yang identik dengan bunga-bunga. Pada motif ini, kartu undangan biasanya identik dengan warna-warna yang terkesan soft. Contohnya adalah krem, pink, hingga hijau muda. Sementara itu, font-nya kerap dibuat dalam bentuk simpel sehingga undangan terkesan minimalis.

Selain floral, ada juga motif nature yang bisa dijadikan jenis undangan pernikahan pilihan. Untuk diketahui, jenis undangan ini identik dengan warna-warna earth tone, seperti biru langit, biru laut, hijau pepohonan, dan warna lainnya. Tak hanya di segi warna, motif yang terdapat di undangan disesuaikan dengan gambaran alam. Sama seperti motif sebelumnya, ini juga terkesan lebih simpel.

Beda dengan motif-motif tadi, jenis selanjutnya tampak terkesan lebih mewah. Hal ini dikarenakan, jenis ini biasa disebut motif elegan. Di mana undangannya kerap hadir dengan gaya elegan, memiliki pernak-pernik cukup banyak, dan warna-warna cerah. Selain dari motif, jenis undangan ini biasanya dilengkapi dengan tambahan item tertentu sehingga kesan mewahnya lebih terasa.

3. Tipe Undangan Berdasarkan Konsep 

Bukan hanya bisa dipilih berdasarkan material dan motif, Anda juga memilih undangan untuk pernikahan dengan menentukan konsepnya. Untuk diketahui, ada cukup banyak referensi konsep yang bisa digunakan untuk membuat undangan. Satu di antaranya adalah konsep undangan paspor yang sedang trend saat ini.

Kemudian, ada juga kartu undangan dengan konsep tiket. Adapun tiket yang dimaksud di sini bisa berupa tiket pesawat, hotel, hingga tiket konser. Dibandingkan beberapa konsep tiket lainnya, jenis tiket konser paling banyak dipilih. Terutama oleh mempelai yang notabene merupakan anggota komunitas penggemar aliran musik tertentu. Misalnya, para penggemar K-pop.

Selain dua konsep tadi, ada juga tipe undangan yang hadir dalam bentuk blangko. Jika Anda belum tahu, jenis blangko biasanya hadir dalam desain minimalis layaknya undangan motif. Namun, jenis undangan ini dibuat menjadi model blangko sehingga tampilannya tak tampak seperti undangan.

4. Undangan Pernikahan Berdasarkan Desainnya

Berdasarkan desain klasik dan modern, ada cukup banyak jenis undangan yang kini bisa Anda pesan dengan mudah. Pada desain klasik contohnya, ada desain vintage, rustic, hingga undangan dengan desain bernuansa etnik. Meski cukup bervariasi, undangan klasik didominasi oleh warna-warna cokelat, hitam, cokelat keemasan, hingga warna putih.

Sementara itu, desain undangan modern menonjolkan kesan lebih futuristik dengan warna-warna seperti abu-abu, merah terang, hingga warna pastel. Adapun gambar yang ditampilkan dalam desain undangan modern cukup bervariasi. Ada yang dibuat dengan foto pre-wedding pasangan, ilustrasi kartun, ataupun gambar lainnya.

5. Macam-Macam Undangan Berdasarkan Bentuknya

Jenis undangan pernikahan selanjutnya bisa dilihat hingga dipilih berdasarkan bentuknya. Adapun bentuk undangan yang umum digunakan saat ini adalah cetakan fisik dan undangan pernikahan digital. Jika dibandingkan antara keduanya, jenis-jenis undangan ini bisa dikatakan sama-sama penting dan cocok dipilih.

Bahkan, jika Anda tertarik memesan keduanya, pilihan tersebut sangatlah tepat untuk era sekarang. Hal ini dikarenakan, selain memiliki teman di dunia nyata, Anda mungkin mempunyai sejumlah kenalan dari media sosial. Oleh karena itu, Anda bisa membagikan informasi akan dilangsungkannya pernikahan di media sosial dengan undangan digital..

Sementara itu, undangan fisik bisa Anda gunakan untuk orang-orang yang dikenal secara langsung. Mulai dari rekan kerja, teman-teman semasa kuliah atau sekolah, hingga keluarga besar yang tempat tinggalnya cukup jauh dari lokasi Anda. Selain itu, undangan fisik ini juga bisa digunakan untuk mengundang orang-orang yang dihormati di daerah Anda. Seperti pemuka agama hingga pejabat.

Sebagai informasi, undangan versi digital kini tersedia dalam beberapa tipe. Contohnya adalah poster dengan model undangan hingga video teks. Jika Anda memesan di jasa undangan pernikahan online, kedua jenis ini biasanya bisa didapatkan secara bersamaan. Tentunya, dengan harga yang telah ditetapkan di awal.

Baca Juga: Cantik! Ini 5+ Contoh Undangan Pernikahan dengan Tema yang Hits

Ingin Membuat Undangan Digital?

Setelah mengetahui beberapa jenis undangan untuk pernikahan tadi, sudahkah Anda menentukan mana yang akan dipilih? Jika butuh ide, Anda bisa memilih undangan berdasarkan bentuknya terlebih dulu. Tentukan apakah Anda ingin menggunakan undangan versi cetak, versi digital, atau justru ingin memesan keduanya.

Jika ingin memesan undangan versi keduanya, Anda bisa mempercayakan tugas pembuatan undangan ini pada Seremoni. Untuk diketahui, jasa pembuat undangan digital ini menyediakan banyak pilihan motif dan desain terbaik. Menariknya, Anda bisa mendapatkan versi digital dengan kualitas terbaik. Sehingga, jika ingin mencetaknya, Anda juga bisa mendapatkan itu.

Leave a Comment