Indahnya Keberagaman Pernikahan Beda Ras, Ini yang Harus Disiapkan

Pernikahan beda ras merupakan ikatan lahir batin antara seorang pria dan wanita yang berada dalam ras berbeda baik satu negara atau lainnya. Melalui ikatan ini, pasangan tersebut memiliki tujuan untuk membentuk keluarga atau rumah tangga yang bahagia dan kekal. Pernikahan antar ras melibatkan persatuan dari dua belah pihak dan sistem keluarga besarnya untuk beradaptasi dan saling melengkapi.

Daftar Isi

Keberagaman dalam Perbedaan Ras Pasangan

Berdasarkan pengamatan para ahli, orang Asia hampir secara eksklusif menjalin pernikahan antar ras dengan orang berkulit putih. Pernikahan antar ras berkulit putih dengan pasangan Asia bahkan kini menjadi jenis pernikahan campuran yang paling umum terjadi. Hal ini kemungkinan disebabkan ketertarikan pria Asia pada wanita kulit putih yang cukup tinggi. 

Adanya latar belakang berupa ras yang berbeda, dari kedua belah pasangan tersebut tentu memunculkan keberagaman. Perbedaan tersebut bisa terlihat dari ciri fisiknya, perilaku, ketertarikan interpersonal, dan pandangan terhadap cinta. Selama Anda yakin satu sama lain, pasti tidak ada perbedaan yang akan menjadi sumber masalah.

Tips Pernikahan Harmonis bersama Pasangan Beda Ras

Pernikahan merupakan suatu hubungan yang dilandasi dengan rasa cinta dan sayang dengan tulus. Terkadang untuk mencintai seseorang dengan tulus tidak memerlukan sebuah alasan dan tidak memandang perbedaan. Baik itu perbedaan agama, ras, budaya, ataupun status sosial tidak menghalangi hubungan pernikahan. Berikut adalah tips memupuk hubungan harmonis pada pernikahan beda ras.

1. Yakinkan Hati dalam Memilih Pasangan yang Tepat

Pernikahan menjadi ikatan hubungan yang tertinggi dalam menjalin hubungan dengan pasangan. Melalui pernikahan dapat mengikat dua insan dalam hubungan yang sah di mata hukum dan agama. Untuk itu, pastikan bahwa orang yang Anda pilih adalah orang yang tepat. Pastikan bahwa pasangan Anda merupakan satu-satunya orang yang cocok untuk menghabiskan waktu bersama Anda.

2. Meminta Restu Kedua Orangtua

Melalui ikatan pernikahan juga dapat menyatukan dua keluarga yang awalnya tidak saling mengenal kemudian menjadi keluarga. Anda perlu meminta restu kedua orangtua sebelum memutuskan meminang kekasih yang Anda cintai. Pastikan bahwa kedua orangtua Anda dapat menerima segala konsekuensi yang mungkin terjadi selama menjalankan pernikahan ini.

3. Saling Menghargai dan Belajar Satu Sama Lain

Adanya perbedaan ras di tengah suatu hubungan pernikahan tentu menjadi satu hal unik yang menarik untuk dibahas. Menjalani hubungan pernikahan beda ras dapat dikatakan susah-susah gampang. Anda perlu belajar mengenal dan mempelajari mengenai suku, ras, dan budaya pasangan Anda. Begitupun sebaliknya, pasangan Anda juga perlu mengenal ras dan budaya Anda.

Melalui pengenalan ras dan budaya masing-masing dapat memperluas pandangan dan pengetahuan. Hal ini dapat memberikan dampak positif karena Anda dan pasangan Anda akan mendapat banyak wawasan baru yang lebih luas. Dengan mengenal masing-masing ras juga dapat memunculkan keragaman budaya yang harus saling dihargai untuk menjalin hubungan agar tetap harmonis.

4. Saling Percaya dan Open Minded

Menikah dengan pasangan yang berbeda ras memberikan Anda kesempatan untuk menjalin hubungan yang terbilang unik. Sama halnya dengan pernikahan pada umumnya, jalan pernikahan tidak selalu lurus. Untuk itu, baik Anda ataupun pasangan harus selalu terbuka dalam menerima perbedaan pendapat dan berusaha untuk saling memahami.

5. Memberikan Ruang

Dalam ikatan pernikahan akan mengikat Anda bersama pasangan untuk hidup bersama dalam waktu yang lama. Meskipun begitu, pasangan Anda tetap memerlukan ruang atau privasi yang perlu diberikan agar dapat merasakan kebebasan sebagaimana mestinya. Anda tidak perlu mengekang pasangan secara berlebihan dan yang terpenting adalah saling mempercayai satu sama lain.

6. Memberi Kesempatan untuk Berpegang pada Prinsip

Salah satu hal yang menjadi penyebab utama permasalahan dalam pernikahan beda ras adalah keinginan untuk merubah pasangan. Karena adanya perbedaan ras, ada kalanya Anda ataupun pasangan menganggap bahwa ras tersebut adalah yang paling benar. Hal ini dapat memunculkan perselisihan jika kedua pasangan berusaha menjadi orang yang paling benar.

Untuk itu, Anda perlu mengantisipasi munculnya perselisihan dalam hubungan pernikahan ini dengan memberikan kesempatan untuk berpegang teguh pada prinsip. Selama keyakinan dan prinsip yang dipercayainya dalam jalan yang benar dan tidak merugikan orang lain, Anda perlu menerimanya. Kuncinya adalah untuk selalu berusaha memahami dan pengertian terhadap karakter masing-masing.

7. Tetap Tenang Ketika Menghadapi Permasalahan

Dalam suatu hubungan pasti akan selalu ada permasalahan atau konflik yang muncul. Terlebih lagi jika terdapat perbedaan agama, suku, ras, atau budaya. Meskipun demikian, jangan jadikan permasalahan ini sebagai sumber perpecahan atau perselisihan dalam hubungan Anda. Yang terpenting adalah untuk selalu menjalin komunikasi yang baik dan efektif pada titik permasalahan yang ada.

Dalam suatu permasalahan memang terkadang sulit untuk mengalahkan ego masing-masing yang selalu ingin menang sendiri. Untuk menghargai pasangan, jangan sampai Anda menyalahkan pasangan untuk melakukan pembelaan diri. Selesaikan permasalahan yang ada dengan kepala dingin. Temukan sumber permasalahan dan tentukan penyelesaian yang tepat dengan berdiskusi.

8. Menjadi Pendengar yang Baik

Dalam suatu hubungan pernikahan berbeda ras, ada kalanya juga memiliki perbedaan karakter. Hal ini sangat wajar terjadi karena pada dasarnya setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda. Kesenjangan yang terjadi dapat diatasi dengan saling memahami karakter masing-masing. Jangan terlalu mendominasi dalam suatu hubungan dan pastikan selalu berjalan dua arah.

Agar dapat lebih memahami perasaan pasangan Anda, Anda perlu menempatkan diri dalam posisi tersebut. Dengan begitu, Anda dapat melihat dari sudut pandang yang berbeda dengan pemikiran yang berbeda. Anda mungkin bisa lebih memahami yang dirasakan pasangan Anda dalam posisi tersebut. Jauhkan hati dari perasaan yang selalu menganggap diri sendiri adalah yang paling benar.

Baca Juga: Jenis Undangan Pernikahan yang Bisa Dipilih untuk Hari Istimewa Anda

Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan dalam Pernikahan Beda Ras

Adanya perbedaan ras kemungkinan akan menyebabkan beberapa ketidaksamaan yang perlu dibicarakan dengan baik-baik. Anda bisa mengkomunikasikan bersama pasangan Anda sebelum melangkah lebih jauh ke jenjang pernikahan. Harapannya melalui komunikasi yang terbuka ini tidak ada lagi hal yang mengganjal di hati masing-masing pihak.

Menikah dengan perbedaan ras tentu harus mempertimbangkan kesamaan konsep pernikahan antara calon pria dan wanita. Ras mempengaruhi cara pandang seseorang terhadap ikatan pernikahan sehingga perlu dibahas terlebih dahulu. Bicarakan dengan pihak keluarga pasangan Anda untuk mengambil jalan tengah apabila mengalami perbedaan persepsi yang cukup kompleks.

Selanjutnya, Anda juga perlu untuk menyatukan ekspektasi dan tujuan yang Anda miliki dengan calon pasangan Anda. Pahami jika pasangan Anda dilahirkan dengan ras yang berbeda sehingga Anda harus menerapkan toleransi. Anda harus menyusun ekspektasi dan tujuan yang sama dengan pasangan Anda untuk membentuk keluarga yang harmonis dan bahagia.

Konsep dan Dekorasi pernikahan Anda nantinya juga perlu Anda diskusikan serta pertimbangan dengan matang bersama pasangan Anda. Anda perlu menentukan konsep atau tema yang diusung dalam acara Anda, kemudian menyesuaikan dekorasi seperti undangan, cincin, kue. Anda bisa mencari referensi desain undangan pernikahan digital atau undangan pernikahan online cantik dan gratis melalui Seremoni.

Leave a Comment