Foto Keluarga, Cara Mudah Abadikan Momen dengan Pose Penuh Makna

Foto keluarga adalah salah satu bentuk kenangan dari berbagai momen yang telah dilalui bersama dalam proses hidup seseorang. Oleh sebab itu, Anda wajib mengetahui beberapa informasi ini sebelum melakukan pemotretan bersama keluarga.

Daftar Isi

Alasan Kenapa Foto Keluarga Penting untuk Mengabadikan Momen

Beberapa orang mungkin sulit untuk melakukan foto keluarga meskipun di momen yang penting. Sulitnya mengumpulkan semua anggota keluarga menjadi salah satu alasannya. Entah itu karena terlalu sibuk, terhalang jarak, segan dengan beberapa anggota keluarga lainnya, dan sebagainya. Hal seperti ini memang sering, tapi setidaknya Anda pernah mengabadikan momen penting bersama keluarga sekali seumur hidup.

Namun, untuk apa foto keluarga itu? Mungkin beberapa orang akan menanyakan hal ini dan menjawab hal ini tidaklah penting. Akan tetapi tahukah Anda? Bahwa potret keluarga bisa membuat catatan sejarah yang pernah ada bersama orang terkasih. Melalui foto keluarga momen saat anak berkembang akan terabadikan dan terkenang. Perkembangan anak dari kecil hingga dewasa bisa bisa terpantau.

Pantau Perkembangan Anak dengan Foto Keluarga

Cobalah sesekali ambil foto bersama keluarga pada saat anak masuk sekolah untuk pertama kalinya. Setelah beberapa tahun, anak pastinya akan lulus sekolah dan wisuda. Ambil foto pada saat momen penting ini dan lihatlah perkembangan anak Anda yang perlahan tumbuh dewasa.

Foto bersama saat wisuda anak memang menarik dan penting untuk membuat kenangan yang tak terlupakan. Mengingat momen ini hanya terjadi pada akhir masa sekolah, entah itu di TK, SD, SMK, bahkan kuliah. Foto tersebut bisa menjadi sebuah kenangan berharga bagi anak dan keluarga. Mengingatkan semua kenangan dan perjuangan yang telah dilalui anak pada masa sekolah bersama orang terdekat.

Melihat foto tersebut mungkin Anda akan merasa anak-anak baru lahir kemarin namun saat ini sudah besar dan lulus sekolah. Beberapa langkah untuk menuju kehidupan baru pun akan ditempuh setelah masa lalu bersama orang terdekat dilalui. Dimana momen tersebut sulit untuk terulang kembali atau bahkan tak akan pernah terjadi lagi. Ini adalah satu alasan mengapa foto keluarga itu penting dilakukan.

Setelah lulus sekolah, kuliah, dan bekerja, mungkin anak menikah bersama pasangannya. Bab kehidupan baru akan dilalui dengan masuknya orang baru di keluarga Anda. Momen ini tentunya menjadi sejarah penting untuk anak dan keluarga. Jangan sampai terlewat, karena momen ini pastinya hanya ingin terjadi sekali seumur hidup.

Kapan lagi harus melakukan foto keluarga jika semua momen tersebut sudah terlanjur terlewatkan? Masih ada kesempatan di hari raya Idul Fitri, reuni keluarga, gathering family, atau momen lainnya pada saat berkumpul bersama. Manfaat momen tersebut untuk membuat catatan sejarah dengan orang-orang yang tumbuh bersama Anda.

Tips Foto Keluarga yang Photogenic dan Instagramable

Foto keluarga adalah hal penting, namun bisa menjadi momen yang mengecewakan jika hasilnya tidak bagus. Apalagi potret keluarga itu dilakukan pada saat momen yang penting dan sulit terulang lagi. Oleh sebab itu, banyak orang menanyakan bagaimana cara melakukan pemotretan yang tepat agar hasilnya photogenic dan Instagramable. Berikut ini terdapat beberapa tips melakukan pemotretan bersama keluarga.

1. Kumpulkan Anggota Keluarga

Mengumpulkan semua anggota keluarga mungkin menjadi jawaban yang paling tepat. Namun, juga sulit untuk dilakukan. Apalagi jika terhalang pekerjaan, jarak, dan waktu. Atasi hal ini dengan melakukannya di saat hari libur, hari raya, pernikahan, atau pada saat kumpul bersama. Beritahu jika pemotretan akan dilakukan bersama dan buat semua anggota keluarga bersemangat.

2. Atur Jadwal Pemotretan

Atur jadwal pemotretan jauh-jauh hari sebelum momen penting akan dilakukan. Rencanakan waktu yang tepat untuk melakukan hal ini. Setelah itu, beritahu semua anggota agar bisa berkumpul dan foto bersama. Ajak ayah, ibu, dan saudara lainnya supaya bisa terasa lebih lengkap.

3. Atur Tema yang Photogenic

Jangan lupa juga untuk mengatur tema yang unik untuk pemotretan. Atur tema yang sesuai dengan style keluarga Anda. Misalnya seperti tema foto adat Jawa, vintage, atau ala-ala kerajaan. Tema yang dipilih inilah yang akan menentukan pakaian, properti, background, dan style pemotretan.

4. Pilih Spot Foto yang Estetik

Pilih spot foto yang sesuai dengan tema pemotretan, supaya hasilnya lebih estetik dan tidak mengecewakan. Anda bisa mengatur background yang pas atau pergi ke tempat wisata maupun ke studio foto. Contohnya foto bertemakan alam, mungkin Anda bisa mengunjungi air terjun, pantai, pegunungan, dan sebagainya.

5. Pakai Properti dan Baju yang Sesuai Tema

Gunakan juga pakaian dan properti yang pas dengan tema pemotretan. Misalnya jika foto bertema hari Idul Fitri, keluarga bisa memakai baju lebaran yang seragam. Namun, jika bertemakan adat Jawa, anggota keluarga perempuan bisa memakai kebaya, dan anggota keluarga laki-laki bisa memakai beskap.

6. Foto Sendiri atau Pakai Jasa Fotografer

Pemotretan bisa dilakukan sendiri atau memakai jasa fotografer. Jika pemotretan dilakukan sendiri, maka gunakan kamera terbaik yang dimiliki. Atur pose, pencahayaan, dan komponen lainnya agar hasilnya bagus. Namun, jika Anda tidak mau ribet, pergilah ke studio foto atau panggil jasa fotografer ke tempat pemotretan.

Baca Juga: Jadikan Momen Lebih Berkesan dengan Doa-doa Pernikahan Inspiratif

Ide Pose Foto Keluarga Keren Anti Mainstream

Mengatur pose foto keluarga mungkin akan menjadi hal yang agak sulit. Apalagi jika anggota keluarganya sangat banyak. Ditambah anak-anak yang banyak tingkah dan sulit diajak foto. Hal ini bisa sedikit teratasi dengan merencanakan dan memberitahu keluarga tentang tema dan pose yang akan dilakukan.

Pose pemotretan bisa dilakukan dengan memperhatikan jumlah anggota keluarga. Misalnya dengan memilih posisi pemotretan yang pas untuk anggota keluarga dua, tiga, empat, lima orang, dan seterusnya. Jika anggota keluarga hanya ada sepasang suami istri, mungkin bisa berpose romantis dengan saling menatap dan berdampingan.

Pose Huruf C untuk Keluarga 4 Orang

Pose huruf C pun bisa dicoba untuk keluarga yang berjumlah empat orang. Posisi ini akan membuat ayah dan ibu bersebelahan. Satu anak akan berada disamping kanan ibu, namun agak ke depan.  Sedangkan anak yang lainnya duduk jongkok menghadap ke kiri di bagian paling depan. Tersenyumlah senatural mungkin, agar memberikan kesan casual dan dinamis.

Pose Berpelukan Ala Keluarga Bahagia

Selanjutnya ada pose foto berpelukan seperti Teletubies yang bahagia. Pose ini bisa dilakukan oleh keluarga yang berjumlah dua maupun lebih. Anggota keluarga bisa berdiri maupun duduk dengan saling memeluk. Berikan ekspresi yang ceria dan natural untuk memberikan kesan keluarga yang penuh kasih sayang serta kebahagiaan.

Pose Ombak

Masih dengan keluarga berjumlah empat orang, kini ada pose ombak yang unik. Semua anggota keluarga kompak duduk di sofa panjang dengan posisi ibu dan anak berada di tengah. Lalu ayah berada di paling ujung kanan atau kiri. Ibu dan anak-anak menyandar ke arah posisi ayah, tangan sambil membentuk ombak.

Gaya Keluarga lima Orang

Lantas bagaimana dengan keluarga yang beranggotakan lima orang? Anda bisa memakai pose huruf X, M, V, maupun membentuk garis paralel. Contohnya jika memakai posisi garis X, maka satu orang duduk di posisi tengah di sisi depan. Lalu dua orang berdiri menyerong dan berada di belakangnya. Sedangkan dua orang lainya jongkok di depan di sisi kanan dan kiri.

Pose Huruf M

Untuk posisi huruf M, akan ada satu orang duduk ditengah dan diapit oleh dua orang yang berdiri atau duduk dengan kursi yang lebih tinggi dari belakangnya. Sedangkan dua orang lainnya jongkok di sisi kanan dan kiri. Semua anggota keluarga menghadap ke depan atau saling berpandangan dengan ekspresi yang unik.

Duduk Bersusun di Anak Tangga untuk Keluarga Besar

Namun, bagaimana dengan pose keluarga besar yang memiliki banyak anggota keluarga? Mungkin hal ini akan lebih sulit lagi. Tapi, Anda bisa mencoba berfoto dengan duduk rapi bersusun di anak tangga. Hidupkan suasana foto dengan memberikan ekspresi dan gaya yang photogenic.

Itulah beberapa hal mengenai alasan, tips, dan ide pose foto keluarga. Anda dapat memakai beberapa alasan, tips, dan ide tersebut sebagai inspirasi foto keluarga yang menarik. Pose keluarga bisa dimuat di undangan pernikahan digital atau undangan pernikahan online yang akan dipesan. Apabila ingin pesan di tempat yang terpercaya, Anda bisa langsung ke Seremoni. Karena ada template dan desain undangan digital kekinian yang variatif.

Leave a Comment