Cantik! Ini 5+ Contoh Undangan Pernikahan dengan Tema yang Hits

Contoh undangan pernikahan merupakan referensi yang penting diketahui jika saat ini Anda sedang kesulitan memilih tema undangan. Seperti diketahui, saat ini makin banyak jenis undangan yang bisa dipesan masyarakat. Berdasarkan materialnya, undangan biasanya dibuat dari kertas art paper, kertas karton, matt paper, dan beberapa jenis lainnya.

Selain karena hal itu, mengetahui referensi ini juga dapat membantu Anda mendapatkan undangan yang sesuai dengan konsep pernikahan. Kemudian, contoh-contoh ini dapat memberi ide yang lebih menarik jika Anda lebih suka desain-desain hasil inovasi sendiri. Untuk diketahui, berikut ini adalah informasi selengkapnya mengenai contoh-contoh undangan pernikahan yang bisa dijadikan referensi.

Daftar Isi

Sekilas Tentang Undangan Pernikahan

Dalam perencanaan pra-nikah, konsep undangan pernikahan menjadi bagian terpenting yang perlu dipikirkan secara matang-matang. Hal ini dikarenakan, bagaimana bentuknya akan memengaruhi pandangan orang pada undangan Anda. Contohnya, jika akan mengundang pejabat, tentu tidak bagus jika menggunakan undangan lewat kata-kata saja.

Meski tidak harus resmi, undangan harus benar-benar pas untuk pejabat agar jadwal pernikahan Anda tidak lupa dicatat dalam daftar kegiatannya. Adapun ciri-ciri undangan yang baik dan biasanya dipakai untuk mengundang aparat pemerintah biasanya punya ukuran lebih tebal. Selain itu, undangan juga biasanya dilengkapi tali pita sehingga terkesan lebih formal.

Jika Anda ingin membuat undangan dengan tema sederhana, itu tidak masalah. Hanya saja, pastikan bahwa undangan memuat hal-hal penting. Seperti nama mempelai wanita dan pria, tempat pelaksanaan, serta waktu dimulai hingga berakhirnya acara. Selain itu, isi undangan juga harus terdiri dari nama orang tua kedua mempelai.

7 Contoh Undangan Pernikahan Kekinian

Sebagai informasi, jenis undangan pernikahan digital memang tengah hits saat ini. Namun, tidak sedikit orang masih memilih untuk membuat undangan dalam bentuk fisik. Hal ini dikarenakan, jenis undangan ini dirasa lebih resmi sehingga tamu yang diundang bakal merasa lebih dihormati. Sebagai referensi bagi Anda yang akan membuat undangan pernikahan, berikut adalah contoh-contohnya!

1. Undangan Pernikahan Tema Rustic

Untuk Anda yang suka hal-hal bernuansa alam, undangan tema rustic sangat cocok dipilih. Sebagai informasi, tema ini menonjolkan karakteristik berupa warna-warna kayu. Seperti cokelat, cokelat gelap, hingga warna cokelat yang hampir hitam. Selain karakteristik berupa warna, desain tema undangan ini juga punya khas.

Di mana pada umumnya, terdapat desain siluet pohon tanpa daun dengan warna cokelat dan dasar putih. Untuk memaksimalkan kesan rustic, undangan juga dilengkapi dengan gambar beberapa bunga mawar merah. Terakhir, ditambahkan tali yang biasanya dibuat dari benang wol dengan warna cokelat krem.

2. Contoh Undangan Pernikahan Tema Tradisional

Sekilas, konsep undangan pernikahan tema tradisional memang tampak seperti tema rustic. Hal ini dikarenakan, warna-warna yang biasa dihadirkan dalam kertas undangan serupa dengan rustic, yakni dengan dasar cokelat. Meski begitu, ada perbedaan di antara keduanya. Di mana, undangan tradisional biasanya dilengkapi dengan desain khas budaya suatu suku.

Sebagai contoh, undangan untuk suku Jawa biasanya dilengkapi dengan bentuk wayang. Selain itu, ada juga lukisan batik yang dibuat di beberapa sudut undangan. Guna memaksimalkan kesan tradisionalnya, biasanya disematkan warna-warna cokelat keemasan dengan bentuk timbul. Hal ini dimaksudkan agar undangan terkesan lebih glamor, sebagaimana ciri khas bangsawan di Jawa.

3. Contoh Undangan Pernikahan dengan Bahan Akrilik

Salah satu jenis undangan yang sedang hits saat ini adalah dibuat dari bahan akrilik. Untuk diketahui, material ini biasanya dipilih agar makna undangan pernikahan tidak hanya dirasakan ketika pertama kali diterima. Akan tetapi, kesan tersebut bisa dirasakan hingga beberapa tahun setelah pernikahan dilangsungkan. 

Seperti diketahui, tidak sedikit undangan berbahan kertas selalu masuk tong sampah pada akhirnya. Namun, penggunaan undangan bahan ini dapat meminimalisir kebiasaan tersebut. Di samping itu, tampilan estetik dari akrilik juga menjadikannya multifungsi. Yang mana, undangan tak hanya bisa memberitahukan acara pernikahan, tetapi bisa dijadikan hiasan rumah sebagai kenang-kenangan.

Sebagai informasi, undangan akrilik biasanya dibuat dengan desain lebih simpel. Tak hanya itu, informasi yang dimuat juga kerap lebih sedikit dibandingkan dengan jenis lainnya. Meski begitu, empat isi utama dalam undangan tetap tersemat di dalamnya. Oleh karena itu, esensinya tidak mengurangi fungsi dari jenis undangan ini.

4. Contoh Undangan Pernikahan dengan Konsep Paspor

Jika biasanya undangan dibuat dengan ukuran A4 atau A5 kemudian dibagi dua, kini Anda bisa membuatnya lebih kecil. Serupa dengan paspor asli. Meski begitu, informasi yang dapat dimuat di dalamnya tetap akan padat. Sebab, kertas di dalamnya bisa diisi dengan jumlah hingga empat lembar atau enam lembar.

Untuk diketahui, jenis undangan ini memiliki cover tebal layaknya paspor. Kemudian, bagian tersebut dibuat dalam warna hijau, biru, merah, hitam. Sementara itu, font-nya dibuat dalam warna emas. Karakteristik lainnya, terdapat lambang Garuda dengan warna sama dengan font di atas nama calon mempelai.

5. Contoh Undangan Pernikahan Mewah

Jika Anda ingin membuat pesta pernikahan yang mewah, sebaiknya membuat undangan dengan konsep sama. Contohnya, terdapat undangan dengan ukuran tebal dan dilengkapi kain brokat sebagai tempatnya. Selain itu, biasanya ditambahkan pita dengan warna senada seperti brokat. Dengan karakteristik ini, tampilan undangan dipastikan tampak lebih mewah.

Adapun warna yang biasanya diterapkan dalam desain undangan mewah adalah putih dan juga cokelat. Kemudian, warna emas di beberapa bagian, seperti tulisan dan hiasan. Untuk diketahui, warna selain dua jenis tadi sangat jarang digunakan. Alasannya, warna lain terkesan lebih simpel dan umumnya dipakai di undangan biasa.

6. Contoh Undangan Pernikahan Ilustrasi Pengantin

Satu lagi konsep undangan yang tengah hits saat ini adalah dilengkapi ilustrasi pengantin. Untuk diketahui, jenis undangan ini biasanya punya ukuran sama seperti yang lainnya. Bedanya hanya terdapat di tambahan kartu kecil yang dilengkapi ilustrasi pengantin. Dalam kartu ini, biasanya terdapat kata-kata tertentu, contohnya ucapan syukur atas pernikahan yang akan berlangsung.

Meski terkesan sama dengan jenis lainnya, undangan ini jelas dapat menghemat lebih banyak biaya pembuatannya. Terutama jika dibandingkan dengan jenis undangan yang dilengkapi foto asli calon pengantin. Selain lebih hemat biayanya, Anda juga bisa mendapatkan kartu undangan jenis ini dalam waktu lebih singkat daripada tipe lainnya.

Baca Juga: 5 Inspirasi Ucapan Pernikahan untuk Sahabat, Teman, Hingga Saudara

Mau Buat Undangan Pernikahan Cepat dan Hemat Biaya? 

Makin banyaknya jenis undangan pernikahan memang tidak sedikit membuat orang jadi makin kebingungan memilih mana yang terbaik. Terlebih, jika pemilihan desain kartu undangan ini perlu persetujuan dari beberapa pihak. Termasuk dari pengantin dan juga orang tua. Perbedaan selera menjadi faktor yang cukup menyulitkan pemilihannya.

Namun, dengan adanya contoh undangan pernikahan di atas, diharapkan bisa jadi referensi sekaligus solusi untuk kebingungan Anda dan keluarga. Jika tidak menemukan yang sesuai dari contoh-contoh di atas, Anda dapat menggunakan jasa pembuatan undangan pernikahan online Seremoni. Jasa ini memiliki banyak pilihan template desain undangan terbaik yang bisa Anda pilih.

Leave a Comment