Berikut Persiapan Pernikahan Yang Harus Dilakukan

Ketika Anda berencana ingin menikah maka Anda harus memikirkan persiapan pernikahan terlebih dahulu, hal ini dikarenakan prosesi pernikahan yang cukup rumit serta memakan banyak waktu. Dalam pelaksanaannya, pernikahan memang memiliki beragam adat dan tradisi baik suku, agama, budaya maupun kelas sosial.

Pernikahan merupakan suatu momen spesial yang tidak akan pernah terlupakan oleh sepasang kekasih beserta keluarga, teman dan kerabat yang menyaksikan. Momen ini tentunya harus dilakukan secara sungguh-sungguh menurut adat maupun tradisi masing-masing, karena momen ini adalah momen yang sangat penting dalam menyatukan kedua pasangan kekasih maka proses persiapan pernikahan harus dipersiapkan secara matang agar pernikahan berjalan dengan lancar.

Daftar Isi

Proses Persiapan Pernikahan Bagi Kedua Pasangan

Pada panduan kali ini kami akan menjelaskan beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum pernikahan diadakan, persiapan tersebut juga harus didiskusikan terlebih dahulu dan mendapatkan persetujuan oleh kedua pasangan maupun kedua orang tua mempelai pria dan wanita.

Persiapan Mental Bagi Kedua Pasangan

Yang paling utama dan paling penting dalam persiapan pernikahan adalah persiapan mental bagi kedua pengantin pria dan wanita, pernikahan bukanlah suatu hubungan sederhana seperti halnya pada saat masih berteman. Setelah menikah, kedua pasangan akan dihadapkan oleh kehidupan baru dan tanpa adanya campur tangan dari kedua orang tua, pasangan akan menjalani kehidupan berdua dan saling menjalani suka dan duka dan saling pengertian dan mendukung dalam segala hal.

Persiapan mental ini berhubungan dengan persiapan kedua pasangan untuk membangun rumah tangga agar menjadi keluarga yang harmonis, jika ada permasalahan dalam hubungan keluarga maka kedua pasangan tersebut bisa dapat memecahkan masalah tersebut dengan bijak.

Persiapan Finansial Yang Cukup

Selain persiapan mental, hal yang berhubungan dengan finansial pun juga harus dipersiapkan, bukan hanya biaya-biaya pernikahan saja yang dipersiapkan melainkan setiap pasangan juga harus mempunyai kondisi finansial yang baik dalam menjalankan rumah tangga. Memang dalam hal finansial, pria memiliki kewajiban menafkahi keluarga dan menjamin keberlangsungan hidup dengan aman dan layak seperti menjamin tempat tinggal, biaya hidup sehari-hari, biaya untuk anak-anak nantinya, biaya untuk mengurus rumah, dan lain sebagainya.

Kita juga setelah menikah diusahakan tidak terlalu bergantung kepada orang tua, setelah menikah kita harus mampu dalam menghidupi diri sendiri serta anggota keluarga baik istri maupun anak, suaimi istri perlu bekerja sama dalam hal urusan finansial serta saling mendukung langkah-langkah yang akan dilakukan dalam perencanaan masa depan keluarga.

Restu Dari Kedua Orang Tua

Pernikahan tidak hanya menyatukan antara sepasang kekasih pria dan wanita saja, melainkan pernikahan juga memiliki arti mempersatukan kedua keluarga antara keluarga pria dan keluarga wanita. Karena pada saat proses pernikahan, restu dari kedua orang tua merupakan syarat diberlakukannya pernikahan, jika restu dari keluarga sudah didapatkan maka setelah menikah tentu keluarga baru dari pasangan kekasiuh pria dan wanita akan diperhatikan.

Memang, mempersatukan kedua keluarga adalah budaya yang melekat di Indonesia, meski halnya yang menikah adalah sepasang kekasih, namun dalam budaya yang sudah mengakar lama dan sudah menjadi tradisi maka mempersatukan kedua keluarga adalah hal yang sangat penting dilakukan dalam pernikahan.

Menentukan Jadwal dan Lokasi Pernikahan

Jadwal dan lokasi pernikahan merupakan hal yang paling penting dalam melakukan persiapan pernikaha, jadwal pernikahan biasanya ditentukan oleh kedua keluarga baik dari keluarga pria maupun wanita. Jadwal pernikahan diusahakan jangan terlalu cepat dengan tanggal perencanannya, diusahakan dalam melakukan perencanaan dilakukan diawal-awal sebelum hari pernikahan, misalnya akad pernikahan dilakukan pada bulan Juli maka kita harus merencanakan jadwal pernikahan pada bulan Januari.

Sama halnya dengan jadwal, lokasi pernikahan adalah hal yang cukup penting dalam prosesi pernikahan, lokasi tersebut ditujukan untuk para hadirin yang diundang dan untuk menghadirkan saksi pernikahan. Namun, dalam hal pemilihan lokasi, Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa menyewa gedung pernikahan maupun mengadakan pernikahan di balai kota, namun jika Anda memiliki tempat yang cukup dalam menggelar acara pernikahan maka Anda juga bisa menyelenggarakannya di kediaman calon mempelai.

Membuat Undangan Pernikahan

Undangan pernikahan harus dipersiapkan setelah Anda menentukan jadwal dan lokasi pernikahan, dalam persiapan pernikahan, undangan adalah hal yang sangat penting, oleh sebab itu pembuatan desain undangan pernikahan merupakan hal yang paling wajib. Undangan pernikahan harus memiliki desain yang bagus sesuai dengan konsep undangan pernikah yang telah dibuat sebelumnya, Anda juga bisa membuat undangan pernikahan secara online maupun dengan bantuan software seperti Microsoft Word.

Kami juga telah menyediakan template yang digunakan untuk membuat undangan pernikahan dalam bentuk Microsoft Word dan Adobe Photoshop, Anda tinggal memilih template mana yang cocok sesuai kriteria yang Anda inginkan. Desain undangan bisa dibuat dengan versi digital maupun cetak, namun dalam hal kemudahan, undangan digital adalah hal terbaik karena dapat mudah disebarkan kepada semua teman lewat sosial media, namun undangan cetak juga tidak kalah pentingnya dengan undangan digital, maka sebaiknya Anda harus membuat undangan pernikahan tersebut dalam bentuk digital maupun cetak.

Jika Anda berencana untuk menggelar acara pernikahan, di Seremoni Anda juga bisa membuat undangan pernikahan secara online dengan sangat mudah dengan tampilan yang simple dan elegan, sudah tersedia banyak pilihan template yang bisa langsung Anda gunakan dan tentunya gratis.

Sekian penjelasan dari kami mengenai hal-hal yang harus dilakukan dalam persiapan pernikahan, bagi yang merasa informasi yang kami bagikan bermanfaat silahkan dibagikan kepada semua teman-teman Anda di sosial media.

Leave a Comment