Berapa Usia Ideal Menikah Untuk Kedua Pasangan

Usia ideal menikah pada dasarnya telah ditentukan oleh hukum, baik hukum negara maupun agama. Masing-masing sudah memiliki peraturan dan ketetapan tersendiri mengenai hukum pernikahan. Usia menjadi salah satu faktor sebagai bahan pertimbangan bagi kedua pasangan untuk menikah. Pasangan yang ingin menikah pada umumnya melakukannya pada usia muda. Namun ada juga pasangan yang lebih memilih menikah diusia yang lebih dewasa.

Rentan usia ideal untuk menikah juga berbeda-beda pada setiap negara, hal ini tergantung dari peraturan pemerintah yang ada disana. Untuk Amerika Serikat, umur ideal untuk menikah bagi wanita disana adalah 27 tahun sedangkan untuk pria adalah 29 tahun. Negara dengan penduduk terpadat di dunia yaitu China, pria disana menikah pada umur 25 tahun dan wanita pada umur 23 tahun. Inilah mengapa disana tingkat pertumbuhan penduduk disana terbilang sangat tinggi.

Namun berapapun usianya, ketika seseorang sudah beranjak dewasa dan sudah memiliki mental yang cukup. Serta telah memenuhi syarat-syarat yang diperlukan untuk menikah, maka pernikahan dapat dilakukan.

Daftar Isi

Usia Ideal Menikah di Indonesia

Pada umumnya usia pernikahan berada diantara 20 tahun, peneliti menemukan jika orang yang menikah berada diantara usia 20 tahun hingga dibawah 30 tahun memiliki resiko perceraian terendah jika dibandingkan dengan orang yang menikah di usia dibawah 20 tahun dan diatas 30 tahun.

Pada umumnya usia ideal pernikahan adalah pada usia 25 tahun. Di usia ini pasangan telah memiliki pemikiran matang dan sudah dewasa dan sangat baik dalam mengambil keputusan dalam berbagai hal. Di usia ini pasangan bisa menjaga hubungan dengan baik dan bisa dengan cepat memperbaiki setiap masalah dalam rumah tangga.

Usia Ideal Menurut BKKBN

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) adalah lembaga pemerintahan yang mengurus dalam bidang pengendalian penduduk dan penyelenggaraan keluarga berencana.

Lembaga ini menyatakan usia minimal untuk menikah bagi wanita adalah berada diusia 20 tahun, sementara untuk laki-laki berada diusia 25 tahun. Bagi wanita, usia perkawinan sangat menentukan resiko dalam persalinan, makin muda wanita tersebut menikah maka semakin tinggi resiko bagi ia dan anak yang dikandungnya.

Usia Ideal Menurut Undang-Undang Republik Indonesia

Pemerintah telah membuat udang-udang dalam hal perkawinan dan perceraian, udang-udang perkawinan tertera dalam Undang-Undang (UU) No 1 Tahun 1974.

Syarat-syarat perkawinan tertuang pada bab 2 pasal 7 yang berisikan umur pasangan harus berada di angka 16 tahun untuk perempuan sedangkan bagi pria berada pada angka 19 tahun. Pada bab 2 pasal 6 bagi pasangan baik dari pihak laki-laki maupun perempuan jika dalam melangsungkan pernikahan sebelum mencapai umur 21 tahun maka harus mendapatkan izin dari orang tua.

Usia Ideal Menurut Psikologi

Pandangan dari sisi psikologis sangat berbeda dari hukum, bagi pria dan wanita usia ideal untuk menikah adalah berada diusia 25 tahun. Karena selain dari kondisi rahim wanita sudah mencapai kematangan, pada usia ini kondisi mental pada setiap pasangan sudah cukup matang sehingga siap untuk menjalani ke jenjang yang lebih serius.

Namun pandangan psikologi dapat berubah-ubah, ada juga yang mengatkan 28 hingga 32 tahun adalah posisi yang pas untuk menikah. Sekali lagi kondisi mental setiap pasangan adalah hal penentu agar pernikahan berjalan dengan lebih baik.

Usia Ideal Menikah Dalam Islam

Dalam islam umur ideal untuk melakukan pernikahan tidak ditentukan. Namun ketika seseorang sudah mencapai akil baligh yaitu pada umur 15 sampai 17 tahun bagi laki-laki maupun wanita. Maka seseorang diperbolehkan untuk melangsungkan akad pernikahan.

Sebelum memutuskan untuk kapan menikah, ada baiknya jika Anda sudah mempersiapkan segala sesuatunya dari sekarang seperti undangan pernikahan. Di Seremoni Anda juga bisa membuat undangan pernikahan secara online dengan sangat mudah dengan tampilan yang simple dan kekinian, sudah tersedia banyak pilihan template yang bisa langsung Anda gunakan.

Pada dasarnya usia ideal menikah tidak memiliki batasan yang pasti. Setiap orang memiliki pendapat masing-masing, banyak orang yang ingin cepat-cepat menikah di usia muda. Namun ada juga pasangan yang ingin menikah ketika sudah matang dan memiliki karir yang cukup baik.

Leave a Comment