7 Rekomendasi Mahar Pernikahan Istimewa yang Bisa Dipesan Online

Mahar pernikahan adalah salah satu hal yang harus disiapkan ketika hendak menikah. Seiring dengan berkembangnya zaman, pembelian mahar untuk pernikahan kini semakin mudah. Kini, pembelian mahar tidak hanya bisa dilakukan di pasar atau pusat perdagangan saja, melainkan dapat melalui toko online. Ada banyak pilihan mahar yang tersedia di berbagai platform belanja online.

Daftar Isi

Sekilas Tentang Mahar untuk Pernikahan

Mahar disebut juga dengan maskawin. Di Indonesia, mahar merupakan pemberian berupa harta atau barang yang diberikan oleh pihak laki-laki kepada mempelai wanita. Mahar harus ditentukan sebelum melakukan pernikahan dan dipertimbangkan terlebih dahulu oleh kedua belah pihak. Biasanya, kedua belah pihak akan melakukan diskusi untuk menentukan mahar yang akan diberikan.

Mahar pernikahan yang diberikan oleh pihak laki-laki kepada mempelai wanita tentunya memiliki tujuan. Tujuan pemberian mahar adalah untuk menunjukkan kesungguhan dan ketulusan laki-laki tersebut dalam menikahi pasangannya. Selain itu, mahar juga diartikan bahwa laki-laki yang menikahi wanita tersebut siap untuk menjaga dan merawat istrinya dengan baik. 

Pemberian mahar pernikahan diwajibkan dalam agama Islam, hal ini dijelaskan pada Al-Qur’an surah An-Nisa ayat 4. Ayat tersebut memiliki arti yang intinya adalah pihak laki-laki harus memberi mahar kepada mempelai wanitanya dengan penuh rasa ikhlas. Dijelaskan juga bahwa mahar adalah salah satu bentuk rasa cinta seorang laki-laki kepada pasangannya yang dibuktikan dengan pemberian.

Dalam agama Islam, pemberian mahar tidak dibatasi minimal ataupun maksimalnya. Pemberian mahar pernikahan dapat disesuaikan dengan kemampuan pihak laki-laki. Mahar yang diberikan juga dapat dipertimbangkan terlebih dahulu oleh pihak laki-laki agar tidak memberatkan atau menjadi beban. Berapapun nilainya, mahar yang diberikan oleh pihak laki-laki akan selalu dianggap sah.

Mahar yang telah disiapkan oleh pihak laki-laki sebaiknya diberikan sebelum akad nikah dilaksanakan. Namun, mahar juga bisa diberikan sekaligus diucapkan ketika mempelai laki-laki melakukan prosesi ijab kabul. Waktu pemberian mahar yang paling baik dan sangat dianjurkan oleh agama Islam adalah sebelum ikatan perkawinan tersebut menjadi sah.

Dalam ketentuan hukum Islam, setelah perkawinan dianggap sah, mahar yang diberikan oleh pihak laki-laki akan sepenuhnya menjadi hak istri. Mahar bukan merupakan harta bersama, sehingga yang berhak untuk menggunakan, menukar, atau memperjualbelikannya adalah pihak wanita atau istri. Suami tidak memiliki hak atas mahar yang telah diberikannya, kecuali ada izin dari istrinya.

Rekomendasi Mahar untuk Pernikahan yang Bagus

Mahar pernikahan yang telah menjadi hak istri dapat digunakan olehnya untuk apa saja, selagi masih dalam  hal kebaikan. Istri dapat menggunakan mahar yang telah diberikan tanpa meminta izin terlebih dahulu kepada suaminya. Mahar yang telah diberikan juga dapat ditukar atau diperjualbelikan sesuai kehendak dan keinginan sang istri tanpa campur tangan suami.

Pada zaman modern seperti sekarang ini, pilihan mahar untuk pernikahan semakin banyak dan beragam. Mahar yang ada dapat berupa uang, barang, atau jasa. Pilihan mahar untuk pernikahan dapat Anda temukan dan beli di berbagai platform belanja online. Berikut adalah beberapa rekomendasi mahar yang bagus dan cocok untuk diberikan saat hendak melangsungkan pernikahan.

1. Uang dengan Nominal Tertentu yang Unik

Uang adalah salah satu bentuk dari mahar pernikahan yang sangat umum dijumpai saat acara pernikahan. Jenis yang digunakan dapat berupa pecahan dalam bentuk koin, kertas, atau perpaduan keduanya. Biasanya, uang yang digunakan untuk mahar memiliki nominal unik, seperti tanggal jadi, lahir, atau pernikahan. Pecahan yang digunakan pun biasanya merupakan uang koin dan kertas.

2. Peralatan untuk Ibadah

Selain uang, mahar yang paling sering diberikan oleh pihak laki-laki adalah peralatan ibadah. Biasanya, peralatan ibadah yang diberikan berupa mukena, sajadah, dan kitab suci Al-Qur’an. Peralatan ibadah merupakan salah satu bentuk mahar yang paling disarankan dan memiliki banyak manfaat. Sebab, mahar ini dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan istri kepada Allah Swt.

3. Emas dan Logam Mulia

Pilihan mahar lain yang memiliki manfaat dan fungsi jangka panjang adalah emas dan logam mulia. Seperti yang Anda ketahui, harga jual emas dan logam mulia akan berubah-ubah dan diperkirakan terus naik setiap waktu. Maka dari itu, pemberian mahar berupa emas atau logam mulia merupakan pilihan tepat, karena bisa dijadikan sebagai investasi.

4. Tiket Pesawat untuk Wisata

Selain uang, emas, dan peralatan ibadah yang sudah sering digunakan sebagai mahar, Anda dapat menjadikan tiket pesawat untuk referensi. Biasanya, setelah menikah, banyak pasangan yang melakukan perjalanan wisata atau honeymoon ke luar kota. Tiket pesawat dapat dijadikan sebagai pilihan mahar yang unik, mengingat tidak ada ketentuan atau batasan dalam pemberiannya.

5. Mahar Berupa Perbuatan

Mahar pernikahan juga bisa diberikan dalam bentuk jasa, seperti mengajarkan istri hal-hal yang berkaitan dengan agama. Ini termasuk dalam jenis non-materi yang memiliki manfaat, jadi boleh untuk diberikan. Namun, tentunya pemberian mahar berupa jasa harus disetujui oleh kedua belah pihak tanpa ada rasa keberatan atau tidak ikhlas.

6. Surat Kepemilikan Tanah

Rekomendasi mahar untuk pernikahan lainnya adalah surat kepemilikan tanah. Mahar ini memiliki manfaat jangka panjang, karena harga tanah setiap tahunnya akan terus naik. Maka dari itu, istri dapat mengelola dan menyimpan surat ini dengan baik. Istri juga bisa memperjualbelikan surat tanah miliknya sesuai dengan kehendak dan keinginannya.

7. Barang-Barang yang Berkaitan dengan Hobi

Barang-barang yang berkaitan dengan hobi juga bisa dijadikan sebagai mahar untuk pernikahan. Mahar ini tentunya dapat disesuaikan dengan hobi yang dimiliki oleh mempelai wanita. Barang tersebut kemudian dapat diletakkan di dalam bingkai lalu dihias. Contoh mahar berupa barang yang berhubungan dengan hobi adalah baju, buku, atau bahkan satu set peralatan untuk memasak.

Baca Juga: Cantik! Ini 5+ Contoh Undangan Pernikahan dengan Tema yang Hits

Kelebihan Membeli Mahar untuk Pernikahan secara Online

Pembelian mahar pernikahan kini dapat dilakukan secara online. Kini, banyak platform belanja online yang menyediakan berbagai pilihan mahar untuk pernikahan. Pembelian mahar secara online tentunya dapat lebih menghemat waktu, karena pemesanannya cukup dilakukan melalui ponsel. Selain itu, proses pemesanannya juga praktis, karena dapat Anda lakukan dimana dan kapan saja.

Selain proses pemesanannya cepat, pembelian mahar pernikahan secara online juga dapat lebih meminimalisir biaya. Sebab, harga barang yang ditawarkan jauh lebih murah dibandingkan membelinya secara langsung. Tersedia juga pilihan grosir dengan harga yang lebih murah jika Anda membeli barang dalam jumlah besar. Pembelian grosir juga bisa mendapatkan potongan harga.

Platform belanja online terkenal dengan pilihan produknya yang sangat banyak. Maka dari itu, Anda bisa menemukan berbagai pilihan dan rekomendasi mahar pernikahan dengan harga yang sangat terjangkau. Anda juga bisa menemukan pilihan barang-barang unik yang dapat dijadikan sebagai referensi untuk mahar. Dengan demikian, pemilihan barang untuk mahar menjadi lebih mudah.

Selain mahar, hal lain yang perlu disiapkan untuk acara pernikahan adalah undangan. Seremoni menyediakan berbagai jenis undangan pernikahan online dengan template yang bagus. Selain itu, tersedia juga pilihan undangan pernikahan digital dengan harga murah. Seremoni juga menyediakan jasa pembuatan desain untuk undangan yang bisa disesuaikan dengan selera dan keinginan Anda.

Leave a Comment