5 Inspirasi Ucapan Pernikahan untuk Sahabat, Teman, Hingga Saudara

Ucapan pernikahan adalah salah satu cara menunjukkan rasa bahagia Anda terhadap pasangan yang baru saja menikah. Entah itu saudara, sahabat, teman, entah tetangga ataupun orang lainnya. Sekilas, hal ini memang tampak sepele. Namun, ketika diucapkan dengan tulus, hal sederhana ini akan membuat mempelai makin merasa bahagia.

Sebagai contoh, Anda mengucapkan dua kata saja, yaitu selamat menikah, sudah pasti mempelai tersenyum mendengarnya. Apalagi, jika tersemat doa atau kata-kata bermakna di dalamnya. Sudah tentu pasangan bakal makin merasa senang. Tak hanya itu, ucapan dengan kesan tertentu juga bisa mengurangi rasa tegang hingga lelah yang mungkin saja dirasakan mempelai saat/setelah resepsi.

Nah, jika Anda sedang berniat membuat ucapan yang menarik dan berkesan untuk pernikahan seseorang, pastikan untuk membaca ulasan berikut. Di artikel ini, akan dibahas mengenai cara membuat ucapan berkesan untuk pasangan yang menikah hingga contoh kata-katanya. So, simak hingga tuntas, ya.

Daftar Isi

Cara Buat Ucapan yang Berkesan untuk Pernikahan

Saat ini, ucapan selamat menikah tidak hanya bisa diungkapkan secara langsung. Akan tetapi, Anda juga bisa menyampaikannya melalui kartu ucapan fisik dalam kado pernikahan atau dengan bunga karangan. Selain cara itu, ucapan berkesan juga bisa dibuat dalam bentuk digital, seperti berbentuk poster hingga video menarik.

Mengingat banyak cara untuk menyampaikan ucapan pernikahan, kurang etis rasanya jika mengetahui kenalan menikah tetapi tidak mengucapkan apa-apa. Terlebih jika undangan pernikahan digital disebar untuk semua orang. Jika bingung mengenai cara membuat ucapan yang menarik, Anda bisa mengaplikasikan langkah-langkah di bawah ini.

1. Menentukan Cara Penyampaian Ucapan

Cara pertama untuk membuat ucapan terbaik untuk pernikahan seseorang adalah dengan menentukan cara menyampaikannya. Apakah ingin membuat kata-kata untuk diucapkan langsung atau sebaliknya. Beda cara tentu bakal beda isi ucapannya sebab jumlah kata penting diperhatikan dalam hal ini.

2. Konsep Ucapan

Jika ingin membuat ucapan yang akan disampaikan secara tidak langsung, Anda harus menentukan konsepnya juga. Mulai dari desain kartu atau video ucapan hingga dukungan hal lainnya. Misalnya, kado apa yang akan diberikan bersamaan dengan ucapan tidak langsung itu, musik yang sesuai untuk video ucapan, atau lain sebagainya.

3. Tema Ucapan

Jika Anda sudah menentukan dua hal tadi, selanjutnya adalah membuat tema ucapan. Untuk diketahui, ada beberapa tema yang bisa dipilih. Di antaranya adalah tema lucu, formal, serius dan terharu, kata-kata romantis, hingga ucapan yang bernuansa agama. Baik itu agama Islam, Kristen, Hindu, Budha, dan lain-lain.

4. Eksekusi Ide

Setelah langkah-langkah tadi, Anda bisa langsung mengeksekusi ide yang sudah direncanakan. Jika masih bingung, opsi termudah untuk membuat ucapan menarik di pernikahan kenalan adalah dengan mencarinya di internet. Dari situ, Anda bisa menggunakan ucapan berkesan yang didapatkan ataupun memodifikasinya agar terkesan lebih natural.

Baca Juga: Kumpulan Dekorasi Pernikahan Sederhana Paling Berkesan

5 Inspirasi Ucapan Pernikahan Terbaik untuk Siapa Saja

Di bawah ini adalah bahasan seputar contoh atau inspirasi ucapan berkesan yang bisa disampaikan ketika kenalan Anda menikah. Untuk diketahui, ucapan-ucapan berikut merupakan kalimat istimewa, tetapi umum dan tidak ada hak cipta. Oleh karena itu, tidak masalah jika Anda tertarik menyampaikannya ke mempelai dengan kata-kata tambahan ataupun sebaliknya.

1. Ucapan yang Berkesan untuk Pernikahan Sahabat

Resepsi pernikahan sahabat merupakan momen bahagia yang pasti Anda tunggu-tunggu. Selain itu, ikatan persahabatan yang biasanya lebih erat dari keluarga juga kerap jadi alasan mengapa Anda harus hadir di pernikahannya. Biar kehadiran Anda di acara resepsi makin berkesan, pastikan untuk membuat ucapan yang menarik.

Contohnya, Jika diliputi rasa haru karena sahabat akhirnya menikah juga setelah sekian lama pacaran/menjomlo, Anda bisa ucapkan hal berikut: “Happy wedding! Akhirnya, sampai juga ke hari pernikahan, momen yang paling ditunggu-tunggu banget, kan? Semoga harapan kalian ke depannya makin dimudahkan. Kalau ngerasa sulit, jangan lupa pegangan dan angkat bebannya sama-sama.”

Jika Anda belum menikah, ucapan yang disampaikan di hari pernikahan sahabat bisa lebih dibuat lebih natural. Anda bisa mengucapkan, “Aku doakan semoga kalian bisa melewati semua ujian kebahagiaan ataupun kesedihan bersama-sama hingga kakek-nenek dan sampai ke surga-Nya. Walaupun aku belum tahu seperti apa pernikahan.”

2. Ucapan Formal untuk Pernikahan Rekan Kerja

Jika di pernikahan sahabat Anda bisa mengucapkan apa saja dengan kalimat bebas, beda halnya dengan rekan kerja yang menikah. Terlebih jika atasan yang menikah. Supaya lebih sesuai, Anda bisa membuat ucapan pernikahan yang simpel, tetapi tetap bermakna. Contohnya: “Selamat atas pernikahannya. Semoga langgeng dan selalu dilimpahi berkah Tuhan yang Maha Esa.”

Jika Anda dan rekan kerja cukup dekat, apalagi seusia, tidak ada salahnya membuat kalimat lebih panjang layaknya ke teman se-angkatan. Contohnya: “Langgeng-langgeng, ya, pernikahannya. Selamat menempuh perjalanan hidup baru dengan teman hidup yang selama ini sudah kamu tunggu. Semua yang terbaik untuk kalian berdua.”

3. Kata-Kata Sederhana untuk Pernikahan Saudara

Jika saudara yang menikah, Anda bisa membuat kata-kata yang sederhana tetapi sangat berkesan dengan memperhatikan posisinya. Contohnya, jika yang menikah adalah kakak, Anda bisa mengucapkan, “Selamat menikah. Walaupun ini agak sulit bagiku karena pasti bakal pisah nantinya sama kakak, aku senang kakak menemukan teman hidup yang sangat sayang sama kakak.”

Sementara itu, jika ingin ucapan pernikahan untuk adik, Anda bisa menambahkan sedikit nasihat. Contohnya: “Jangan nakal-nakal, ya, Dik. Jadilah istri/suami yang baik bagi pasanganmu. Inget, pernikahan itu ibadah paling panjang. Jadi, kalau ada masalah atau merasa bosan, jangan lari ke orang lain. Tapi, larilah bersama ke Tuhan. Karena hanya Dia yang bisa membolak-balikan perasaan.”

4. Ucapan Lucu agar Suasana Pernikahan Tidak Tegang

Di momen pernikahan orang terdekat, seperti kerabat atau bahkan sahabat, Anda juga bisa mengucapkan kalimat yang mengundang tawa. Ini sangat bagus untuk menenangkan suasana yang mungkin saja masih canggung setelah akad dilangsungkan. Meski begitu, pastikan tetap memilih kata-kata yang aman dan tidak membuat pihak lain tersinggung, ya.

Contohnya: “Turut bahagia untuk pernikahannya. Jangan lupa untuk selalu memakai pengharum ruangan yang wangi sewangi-wanginya. Karena kamu nggak bakal tahu, kapan pasangan bakal nggak malu lagi kentut saat berada di dekatmu.” Jika dirasa kurang, Anda bisa mengimprovisasi kata-kata ini dengan bahasa sendiri.

5. Doa Penuh Cinta untuk Pernikahan Teman atau Saudara

Biasanya, ucapan pernikahan berupa doa khusus selalu identik dengan keagamaan. Jadi, Anda bisa mengucapkannya sesuai dengan kepercayaan masing-masing Untuk Islam, ucapan yang bisa dikatakan bisa sangat singkat. Seperti:  “Semoga pernikahan kalian berdua diberkahi Allah. Semoga sakinah, mawaddah, wa rahmah.”

Untuk mempelai Kristen, ucapan pernikahan yang bisa diucapkan bisa mengambil kata-kata dari Al-Kitab tentang cinta-Nya. Seperti dari Kidung Agung, Roma, Petrus, Matius, atau yang lainnya. Contohnya: “Inget ayat di Kidung Agung, ya. Hiduplah bersama-sama dengan terus memupuk cinta, karena cinta takkan mati karena apa pun.”

Yuk, Buat Ucapan untuk Pernikahan!

Ucapan pernikahan bisa memberikan kesan-kesan tertentu untuk mempelai. Termasuk jadi motivasi untuk tetap hidup bersama pasangan walau berbagai ujian menimpa. Selain itu, ucapan tersebut juga jadi doa untuk kebaikan keduanya setelah menikah. Oleh karena itu, jangan sepelekan ucapan ini, ya. Sebab meskipun singkat dan sederhana, itu pasti memberi banyak makna.

Jika Anda tak lama lagi akan menghadiri pernikahan seseorang, inspirasi ucapan pernikahan tadi bisa digunakan. Sementara itu, jika berencana menikah dalam waktu dekat dan ingin mengundang orang-orang tanpa ribet menyebarkan, sebaiknya buat undangan pernikahan online. Di Seremoni, Anda bisa mendapatkannya dengan mudah dan pilihan template yang sangat beragam.

Leave a Comment